Beranda Aspirasi

Selamat Datang Generasi Pelurus Bangsa

(karikatur : Nissa Ulfikriah)

*Oleh: Rendi Alfrineldi

Selamat datang para generasi pelurus bangsa di kampus hijau Universitas Andalas. Kampus dengan sebutan  kampus power ranger bagi sebagian orang, namun ada juga yang menyebut kampus para pendiri bangsa.

Selamat mengenakan almamater hijau yang mendapatkannya butuh perjuangan luar biasa. Kalian mengalahkan ratusan bahkan ribuan orang yang menginginkan almamater ini.

Selamat bertemu dengan teman-teman baru yang berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kalian akan bertemu dengan orang orang berbeda negara. Dan pastinya kalian akan melihat wajah wajah baru yang semangatnya juga menggebu-gebu. Namun jangan lupakan kawan dan sahabat lamamu  yang selalu mendukungmu dan merindukanmu.

Kuliah di kampus yang begitu banyak mengimpikan mulai dari daerah kota bahkan negara tetangga. Banyak yang mengincar almamater hijau ini. Namun Allah memilih kalian yang di berikan kesempatan untuk berkuliah di kampus  ini.

Bercerita tentang Andalas banyak hal unik yang bakalan kalian temukan di dalamnya. Mulai dari mahasiswanya, busnya, asramnya, masjidnya, tamannya semua itu siap menemani kalian untuk mengukir cerita dan episode baru selama di Unand. Akan kita ulas satu persatu

Mulai dari mahasiswa nya yang unik-unik. Ada yang ke kampus selalu tampil rapi bak pekerja kantoran. Ada juga yang ke kampus rambutnya gondrong. Ada yang jilbabnya panjang sampai ke kaki, ada juga yang seperti model tiap hari gonta ganti sepatu. Itu semua akan kalian temukan dan bisa jadi di antara kalian semua akan merasakan dan melakukan hal yang sama.

Selanjutnya, bus kampus yang selalu siap untuk mengantarkan kita mahasiswa. Jangan heran jika nanti pukul 6 pagi si jago putih sudah berjejeran di halte Pasar Baru menunggu kalian semua. Tiada pernah mengeluh, si jago putih yang tiap harinya mendaki bukit karamuntiang demi mengantarkan kalian menggapai cita cita nan gemilang.

BACA JUGA:  BIDIK FIB Kenalkan Karakter Islami pada Maba

Tempat tinggal terbesar mahasiswa baru ialah asrama Unand. Salah seorang dosen Unand menyebut bahwa asrama adalah apartemen. Bagaimana tidak, semua fasilitas mulai dari tempat tidur, lemari, meja blajar, kamar mandi hingga tempat belanja. Semoga itu sudah difasilitasi kampus. Belum lagi program-program asrama nan keren-keren seperti solat subuh berjamaah di masjid. Saya masih ingat ketika pukul 4 pagi para kakak pembina sudah bangun dan standby menghidupkan musik-musik islami yang membuat kita terbangun. Program sholat subuh berjamaah di masjid ini pernah memecahkan rekor masjid yang jemaah subuhnya teramai se-Indonesia.

Walaupun tinggal di asrama dengan segudang kegiatan tapi penghuninya mempunyai sejuta prestasi mulai dari prestasi akademik maupun non akademik. Para senior kita bilang asrama adalah lumbungnya aktifis mahasiswa, hampir semua gubernur BEM fakultas rata rata pernah tinggal di asrama. Presiden Mahasiswa dari tahun ke tahun juga selalu diisi oleh anak-anak asrama. Prestasi aksdemik yang pernah anak asrama peroleh dengan IPK tertinggi di fakultasnya. Masih banyak lagi cerita tentang asrama yang akan kalian rasakan sendiri nantinya.

Kampus merupakan miniatur negara. Segala tata cara mengelola organisasi di dalam nya semua ibarat mengatur sebuah negara. Bahkan nanti kalian jangan  heran mendengar istilah presiden mahasiswa, gubernur mahasiswa, dewan perwakilan mahasiswa. Semua struktural organisasi mahasiswa  tersebut mengacu pada struktural negara.

BACA JUGA:  BIDIK FIB Kenalkan Karakter Islami pada Maba

Dahulu seorang senior berpesan  ‘’Siapa yang hari ini terlibat mengelola organisasi di kampus jangan heran nanti juga akan kelola negara’’. Pesan semangat ini yang harus terus ditradisikan dan ditularkan agar kita semua tidak apatis. Supaya kita semua ikut dalam dinamika pergerakan mahasiswa di kampus. Di Unand terdapat Badan Eksekutif Mahasiswa, badan legislatif dan 21 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan puluhan UKM di tingkat fakultas dan jurusan siap fasilitasi semua minat bakatmu. Karena orang-orang biasa akan lakukan hal-hal yang biasa sedangkan orang orang luar biasa akan lakukan hal-hal yang luar biasa.

Di tangan kalian akan lahir harapan baru, inovasi baru, karya baru dan solusi baru untuk bangsa kita. Belajarlah untuk ikut turun tangan, jangan hanya jadi pengikut tapi jadilah sebagai yang di ikuti.

Pesan untuk adik-adik mahasiswa baru yang begitu gagah dan menawan dengan jas alamamater barumu : Jangan kecewakan orang tua mu dan orang-orang yang menantikanmu di kampung. Suatu saat mereka akan kalian ajak untuk menyaksikan pemindahan jambul toga yaitu wisuda. Terus kembangkan potensi yang ada pada dirimu, gantungkan cita citamu setinggi bintang di langit. Susunlah stategi dan persiapkan peluru-peluru terbaikmu untuk taklukkkan itu semua. Sekarang saatnya perjuangan itu dimulai. Awal baru, episode baru dan pemain-pemain baru akan segera menempati posisinya sebagai mahasiswa.

Selamat berjuang generasi emas 2018!

 

*Rendi Afrineldi

Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND 2017

1 KOMENTAR

  1. Secara pribadi sangat bersyukur atas dapatnya kampus Universitas Andalas yang terkenal bagian sumatera barat di padang.Dan selalu meraso ado kekeluarganyo walaupun beda,maka kami mahasiswa unand siap.
    “BELA NEGARA DEMI BANGSA DAN NEGARA KITA YANG TERCINTAH TANAH AIR INDONESIA”.
    Dan kami anak anak Asrama sangat bersyukur juga untuk memfasilitasi tempat tingkal kami selama dua semester.

    Dan Selagi aku menuntut ilmu disini aku siap ikuti aturan-aturan yang ada di universitas Andalas

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here