Beranda Berita

Sejumlah Mahasiswa Nyatakan Sikap Tolak Unand PTN-BH

Sejumlah mahasiswa lakukan aksi tolak Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) di depan parkiran Gedung E, Kamis (2/5/2019)

gentaandalas.com- Sejumlah mahasiswa menyatakan sikap menolak Unand sebagai PTN-BH melalui aksi di depan parkiran Gedung E Unand, Kamis (2/5/2019).

Aksi ini dilakukan BEM Fakultas Hukum, BEM FIB, BEM FISIP, LAMPK, dan UKM PHP Unand yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Unand (AMPU).

Koordinator Lapangan Aksi Tolak PTN-BH, Fauzi Fadhlurrahman mengatakan aksi ini untuk menolak PTN-BH sekaligus mengedukasi mahasiswa mengenai PTN-BH.

Sementara itu, Presiden BEM Negara Mahasiswa Fakultas Hukum (NM FH), D. Aziz Abdul Latif mengatakan walaupun secara administratif Unand layak PTN BH, namun AMPU menolak karena dinilai dapat merugikan mahasiswa.

BACA JUGA:  Kenalkan Peternakan, Faterna Unand Kembali Adakan Cowboy Fair

“Dari sisi sosiologisnya mahasiswa Unand belum siap untuk PTN-BH, kemudian beberapa hak mahasiswa dialihkan menjadi kewajiban, seperti TOEFL berbayar,” kata Aziz.

Lebih lanjut, kata Aziz ketika berubah status PTN-BH secara otomatis Unand akan diberi otonomi yang lebih luas untuk mengatur kampusnya sendiri, sehingga subsidi dari pemerintah menjadi sedikit.

Hal tersebut akan berimbas pada naiknya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari level sebelumnya dan dapat membuat mahasiswa kewalahan dalam membayarnya.

Aziz berharap, melalui aksi ini pimpinan Unand mengurungkan niat untuk menuju PTN BH. “Mudah-mudahan dengan aksi ini selain memberikan kesadaran kepada mahasiswa juga akan berdampak kepada pimpinan Unand untuk mengurungkan niat menjadikan Unand sebagai PTN BH,” tutur Aziz.

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

Sebelumnya AMPU pernah menggelar aksi tolak Unand PTN-BH di depan gedung Convention Hall, Kamis (14/3/2019).

Aksi penolakan PTN-BH karena dikhawatirkan hal tersebut akan menjadikan Unand sebagai komersialisasi pendidikan.

Selain itu menurut AMPU  transparansi, keterbukaan informasi publik dan pelayanan publik di Unand dapat dikatakan masih jauh dari harapan dan regulasi yang ada. Hal tersebutlah yang disinyalir menjadi alasan kuat Unand belum mampu menjadi PTN-BH.

Reporter : Gifra Sentia dan Yashirli Mulyadi

Editor: Anjasman Situmorang

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here