Pelaksanaan vaksinasi massal di Rumah Sakit Universitas Andalas, Sabtu (18/9/2021). (Genta Andalas/Afdal Hasan)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) melaksanakan Vaksinasi Massal di Rumah Sakit (RS) Unand pada 18–19 September 2021. Kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan Unand merupakan kerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), vaksin ini diperuntukan kepada dosen, Tenaga Pendidik(Tendik), mahasiswa, dan masyarakat umum.
“Dalam rangka HUT LPS ke-16, kami menjalankan program sosial kesehatan bersama Universitas Andalas berupa dukungan vaksinasi,” jelas Sekretaris LPS Dimas Yuliharto via Zoom saat pembukaan acara Vaksinasi Massal pada Sabtu (18/9/2021).
Direktur Utama RS Unand Yevri Zulfiqar menyatakan bahwa tersedia dosis vaksin satu dan dua untuk umum, serta dosis vaksin tiga untuk tenaga kesehatan. Jenis vaksin yang diberikan yaitu Sinovac dan Moderna dengan total 3600 dosis, yang akan dibagikan sebanyak 1800 dosis pada 18-19 September dan 1800 pada 28 hari setelah dosis pertama.
“Pada hari pertama 900, hari kedua 900 kita harapkan nanti hari ke-28 mencapai 3600 (dosis),” ungkap Yevri.
Tempat pendaftaran vaksinasi dilakukan di lantai satu dan dua Rumah Sakit Unand. Dosen, tendik, mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin mendaftar dan mengikuti vaksin hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syaratnya. Pada Sabtu (18/9/2021) pukul 10.47 WIB, pendaftar yang telah berhasil divaksin sudah mencapai 250 orang di RS Unand.
Menanggapi pelaksanaan vaksin yang dilakukan di RS Unand, Wakil Rektor (WR) I Unand Mansyurdin mengatakan bahwa vaksin adalah salah satu syarat jika akan dilaksanakan kuliah secara luring. Unand saat ini sudah bisa melaksanakan vaksinasi untuk umum dan mahasiswa dengan bantuan sponsor yang ada.
Mahasiswa Sastra Inggris Ariza Ulfa menyatakan bahwa vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Unand sangat membantu bagi mahasiswa yang belum sempat melaksanakan vaksinasi di daerahnya. “Bisa membuka kesempatan bagi teman-teman yang belum melaksanakan vaksin, sedangkan mereka sudah harus ke Padang dalam waktu dekat untuk urusan akademik maupun organisasi,” tambah Ariza saat diwawancarai Genta Andalas pada Sabtu (18/9/2021).

Reporter: Dian Mardhiyyah dan Afdal Hasan
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here