(Genta Andalas/Doc.Pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Bekerja sama dengan Smile Train, Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas (Unand) kembali adakan bakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit pada Rabu, (30/3/2022). Kegiatan ini kembali dilaksanakan sejak tahun 2021 dengan jumlah pasien 5-10 orang per tahun, setelah sebelumnya sempat terhenti di awal pandemi.

“Sejak 2019, pihak dari Rumah Sakit Unand telah bekerja sama dengan Smile Train dan telah membuka layanan setiap hari,” ujar Dokter Spesialis Bedah Plastik Fory Fortuna saat diwawancarai Genta Andalas, Rabu (30/3/2022).

Selanjutnya, bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan puncak perayaan Dies Natalis RS Unand setiap tahunnya. Adapun sebelum pandemi, kegiatan ini diselenggarakan sebanyak dua kali dalam setahun dengan jumlah pasien mencapai 20-30 pasien per periode.

“Khusus untuk bakti sosial pada Dies Natalis RS Unand, pihak rumah sakit akan menanggung transportasi pasien dan memberikan cendera mata,” lanjut Fory.

Terkait layanan harian, Fory mengatakan bakti sosial ini tidak hanya dilakukan pada waktu tertentu namun juga dapat dilakukan pada hari biasa. Sebelum melakukan operasi, pasien harus melalui proses screening terlebih dahulu seperti melakukan cek laboratorium, hingga konsultasi dengan dokter anak dan anestesi terkait kesehatan pasien.

Salah satu orang tua pasien dalam kegiatan bakti sosial operasi gratis bibir sumbing, Putri merasa puas dengan pelayanan RS Unand. “Alhamdulillah operasi anak saya berjalan dengan lancar kemarin dan sudah bisa pulang pada hari ini,” ujar Putri saat diwawancarai Genta Andalas, Rabu (30/3/2022).

 

Reporter: Nadira Gustifani & Qatrunnada Viranda Hasanady

Editor: Natasya Salsabilla Festy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here