Beranda Berita

Ribuan Warga Antusias Saksikan Hoyak Tabuik Pariaman

Pengunjung memadati Pantai Gandoriah dan sekitarnya untuk menyaksikan Festival budaya Tabuik Pariaman, (23/9/2018). (Foto: Nurmaita Sari)

 

gentaandalas.com- Ribuan warga dari berbagai daerah antusias menyaksikan Puncak Gelaran Budaya Tabuik Pariaman di sepanjang jalan hingga Pantai Gandoriah. Ribuan warga tersebut berdesakan menyaksikan Hoyak Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang serta berbagai atraksi kesenian daerah, Minggu (23/9/2018).

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, mengatakan bahwa tabuik telah menjadi daya tarik bagi wisatawan, terbukti dengan bertambahnya kunjungan ke Kota Pariaman setiap tahunnya.

“Tabuik berperan dalam mendorong daya tarik wisatawan untuk datang Kota Pariaman, hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang bertambah setiap tahunnya, sepuluh tahun yang lalu jumlah kunjungan ke Kota Pariaman berkisar 300.000 wisatawan, tahun 2017 jumlah kunjungan mencapai 3.000.000 wisatawan,” katanya.

Antusias warga juga terlihat dari kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan menuju pantai Gandoriah, serta sulitnya menemukan tempat parkir yang kosong bagi pengunjung. Seperti yang dirasakan oleh salah satu pengunjung, Isra yang mengaku kesulitan untuk menembus kemacetan dan mencari tempat parkir. “Kalau hari-hari biasa tidak pernah macet seperti ini, kalau sekarang sangat padat, bahkan saya tidak tau harus parkir dimana,” katanya.

Selain itu, pengunjung dari berbagai daerah yang memadati Pantai Gandoriah dan sekitarnya merasa gelaran tabuik Pariaman begitu meriah. Seperti salah seorang pengunjung yang merantau di tanjung pinang, Fauziah, mengaku segera pulang kampung hanya untuk menyaksikan acara ini. “Karena tabuik ini saya pulang kampung, acaranya sangat meriah, lebih meriah dari acara lebaran,” katanya.

Tak jauh berbeda dengan Fauziah, pengujung lain dari Pasaman Barat, Gustian Ningsih mengaku datang ke Pariaman karena penasaran dengan budaya tabuik. “Saya bukan orang Pariaman, jadi saya merasa penasaran dengan acara ini. Menurut saya acara ini sangat bagus untuk dilestarikan,” ujarnya.

Festival budaya ini turut dihadiri oleh Deputi pengembangan dan pemasaran RI kepala dinas pariwisata provinsi Sumatera Barat (Sumbar), walikota dan wakil walikota Pariaman, forum komunikasi pimpinan daerah provinsi Sumbar, ketua dan anggota DPRD kota dan Kabupaten Padang Pariaman, serta bupati dan walikota se-Sumbar.

 

Reporter: Nurmaita Sari
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here