Beranda Berita

Revolusi Industri 4.0, E-Commerce Perlu untuk Wirausahawan

Kepala Digital Ekonomi Bukalapak, Bima Laga, saat menyampaikan kuliah umum di Convention Hall Universitas Andalas, Senin, (17/12/2018). (Foto: Alfin Zernindo Prima).

gentaandalas.com-  Dalam era Revolusi Industri 4.0 ini, internet sangat diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam bidang perdagangan. Saat ini, telah muncul sistem perdagangan digital, yaitu sistem perdagangan yang menggunakan jaringan internet dan biasanya dikenal dengan Ekonomi Digital atau E-commerce.

“Negara Indonesia adalah negara yang sangat luas, maka dari itu butuh akses jaringan  yang cukup besar. Dalam bidang perdagangan, saat ini E-commerce sangat penting untuk digunakan dalam berwirausaha, karena dapat meraup keuntungan yang sangat banyak dan merupakan cara yang paling efektif dalam meningkatkan perdagangan,” kata Kepala Digital Ekonomi Bukalapak, Bima Laga, dalam Kuliah Umum Kewirausahaan dan Sosialisasi Minang Enterpreneur Award (MEA) di Gedung Convention Hall Unand, Senin, (17/12/2018).

BACA JUGA:  Buku Surat dan Sang Bibliografer Misterius

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Rudiantara, mengatakan Kemkominfo berperan dalam memfasilitasi dan melakukan akselerasi dalam pengembangan infrastruktur jaringan bagi kehidupan warga negara Indonesia. Namun dalam hal pengembangan infrastruktur ini, masih ada perbedaan di tiap daerah. Infrastruktur telah difasilitasi, dan sekarang ini  akses infrastruktur tersebut dapat dipercepat.

“ASEAN memiliki tujuh infrastruktur dalam akses jaringan dan empat diantaranya milik Indonesia, sehingga Indonesia menjadi pusat ekonomi ASEAN. Penggunaan infrastruktur ini berhubungan dengan ekonomi digital yang dinamakan E-commerce,” kata Rudiantara.

Rudiantara mengungkapkan, sistem ekonomi di Indonesia telah berbasis digital, sehingga memudahkan wirausahawan dalam berdagang. Sekarang, mahasiswa D3 dan S1 telah difasilitasi beasiswa oleh pemerintah  untuk mengadakan pelatihan wirausahawan muda Indonesia.

BACA JUGA:  Ketentuan Baru Bidikmisi Rilis, Yusdial: Tetap dengan Ketentuan yang Ada

Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, Rifky Darmansyah, mengungkapkan kuliah umum ini menambah wawasan kita sebagai mahasiswa mengenai era digital saat ini.

“Kuliah umum ini sangat bermanfaat sekali karena dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai era digital. Adanya era digital ini, tentu dapat memajukan ekonomi Indonesia nantinya,” kata Rifky.

Senada dengan itu, mahasiswi Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas, Retno Herning Setiati, mengungkapkan sosialisasi ini cukup bagus dan menginspirasi, membuka pemahaman mahasiswa agar tidak hanya kuliah saja, namun juga mengikuti organisasi ataupun berwirausaha. Banyak hal yang harus dipelajari lagi oleh mahasiswa.

 

Reporter : Alfin Zernindo Prima

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here