Hefrizal Handra, Wakil Rektor IV Unand. (Genta Andalas/ Icha Putri)

Padang,gentaandalas-Universitas Andalas (Unand) berencana membangun jembatan dari jalan limau manis menuju Rumah Sakit (RS) Unand. Hefrizal Hendra, Wakil Rektor IV Unand menyebutkan pembangunan jembatan bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan.

“Kita akan bangun jembatan dari RS Unand menuju jalan Limau Manis dan melewati sungai. Tujuannya menambah akses ke rumah sakit selain jalan utama unand dan akses langsung dengan jalan Kota Padang, kemudian untuk meningkatkan pemanfaatan RS,” katanya saat diwawancarai Genta Andalas pada Rabu (30/3/2022).

Hefrizal menjelaskan dana yang dialokasikan dalam pembangunan berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) dan Unand sendiri.

“Dana pembangunan jembatan dari Pemprov melalui Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar sebesar Rp 9 miliar, kita (Unand) menyediakan dana untuk pembebasan lahan, dan untuk pemeliharaan rencananya dari pemerintah Kota Padang,” ungkapnya.

Terkait perkembangan perencanaan pembangunan, M. Nasir Sonni, selaku tim pembebasan lahan menjelaskan bahwa tahap pembebasan lahan telah disetujui dua belah pihak (Unand dan pemilik) dengan cara jual beli. Pembebasan lahan yang dilakukan melibatkan lembaga penilai appraisal (berbasis profesional judgement) untuk penilaian harga lahan, sehingga jumlah dana yang dikucurkan Unand masih belum dapat dipastikan.

“Rancangan (jembatan) sudah selesai, kita tinggal menunggu pembebasan lahan dan mulai memasuki tahap pelelangan,” ungkapnya saat diwawancarai Genta Andalas pada Rabu (30/3/2022).

Jembatan yang akan dibangun sebagai jalur langsung menuju RS Unand ini memiliki panjang 90 meter dengan lebar keseluruhan 9 meter serta jalan dikedua sisi sungai memiliki panjang 130 meter. Lahan yang akan dibebaskan kurang lebih 3000 meter persegi.

“Masyarakat pemilik lahan setuju menjual dan Unand setuju membeli,” katanya.

Lebih lanjut, Sonni menyebutkan pembangunan jembatan akan selesai pada tahun 2022 ini.

“Proses perencanaan sudah mulai tahun lalu, untuk pembangunan rencana akan dimulai tahun ini dan insyaallah rampung tahun ini juga,” tutupnya.

 

Reporter: Icha Putri dan Dian Mardiyyah
Editor: Elvi Rahmawani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here