Padang, gentaandalas.com-  Melihat fenomena musim bencana akhir-akhir ini, mahasiswa Program Studi Profesi/Ners Keperawatan Universitas Andalas (UNAND) mengadakan simulasi mitigasi bencana gempa bumi di Kelurahan Parupuk Tabing, Kota Padang. Pelaksanaan simulasi tanggap darurat bencana dilakukan selama tiga hari di beberapa Rukun Warga (RW) yang termasuk daerah rawan bencana gempa bumi, pada Sabtu-Senin (8-10/06/2024). Pelaksanaan simulasi ini dilakukan mahasiswa sebagai pelatihan mitigasi kepada masyarakat Kelurahan Parupuk Tabing agar lebih siaga terhadap bencana yang akan datang.

Kegiatan simulasi bencana gempa ini didukung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris BPBD Kota Padang, Robert Chandra Eka Putra yang menyampaikan bahwa BPBD menyambut baik adanya program simulasi yang dapat membantu masyarakat apabila terjadi bencana gempa. Robert juga menghimbau kegiatan ini dilakukan berulang-ulang diberbagai daerah agar masyarakat lebih mengenal karakter bencana gempa dan cara menanggulanginya.

Simulasi perawatan korban bencana gempa bumi yang mengalami patah tulang di RW 06 dan RW 07 Kelurahan Parupuk Tabing pada Minggu (09/06/2024).
Foto: Junivermana Yoga
Penanganan bagi korban bencana yang mengalami henti jantung dengan kompresi dada oleh kader siaga bencana di RW 20 Kelurahan Parupuk Tabing pada Senin (10/06/2024).
Foto: Junivermana Yoga
Korban yang menjalani perawatan di lapangan RW 20 Kelurahan Parupuk Tabing dalam simulasi bencana pada hari senin (10/06/2024).
Foto: Lara Elisa Putri
Pengangkatan korban oleh kader siaga bencana ke tandu untuk dibawa dengan ambulan dalam simulasi bencana di RW 20 Kelurahan Parupuk Tabing pada Senin (10/06/2024)
Foto: Junivermana Yoga
Korban yang kritis dirujuk ke Rumah sakit terdekat dengan ambulan dalam simulasi bencana gempa di RW 06 dan 07 Kelurahan Parupuk Tabing, pada Minggu (09/06/2024).
Foto: Junivermana Yoga
Pendampingan bagi anak-anak korban bencana gempa bumi yang mengalami trauma healing dalam simulasi bencana gempa di RW 06 dan RW 07 Kelurahan Parupuk Tabing pada Minggu (09/06/2024).
Foto: Lara Elisa Putri

Reporter: Lara Elisa Putri dan Junivermana Yoga

Editor: Zulkifli Ramadhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here