Beranda Aneka Ragam

Rahasia Seorang Ayah Mendatangkan Petaka

Judul Film          : Sebelum Iblis Menjemput

Sutradara          : Timo Tjahjanto

Produser           : Sukdhev Singh Wicky V.Olindo Abimana Aryasatya

Penulis Naskah  : Timo Tjahjanto

Genre                : Horor, Thriller

Tanggal Rilis      : 9 Agustus 2018

Resensiator       : Endrik Ahmad Iqbal

Penuh teror dan ketegangan yang tiada henti. Film sebelum iblis menjemput yang tayang tanggal 9 Agustus di bioskop-bioskop Indonesia, seakan menepis pandangan orang-orang tentang kualitas film Indonesia yang sarat akan hal-hal berbau seksual. Sutradara Timo Tjahjanto, sebenarnya sudah pernah menyutradarai film bergendre horor pada tahun 2008 dan 2010 bersama Kimo Stamboel yang tergabung dalam The Mo Brotehers. Bahkan film garapannya bersama The Mo Brothers mendapat sederet penghargaan yang memuaskan. Tak diragukan jika film sebelum iblis menjemput ini bertahan lebih dari tiga minggu di bioskop untuk terus ditayangkan.

Dalam Ceritanya Alfie yang diperankan oleh Chelsea Islan digambarkan sebagai seorang anak yang mempunyai kisah kelam saat usianya masih belia dulu, dan memiliki watak yang keras. Ia lahir dari seorang pengusaha kaya dan seorang ibu yang meninggal secara misterius di depan matanya sendiri saat ia masih kecil. Kemudian Ayahnya kembali memiliki istri dari kalangan artis yang tak begitu ternama. Alfie memiliki tiga orang saudara tiri, dua diantaranya adalah anak dari pernikahan ibu tirinya dengan mantan suaminya.

Tak lama setelah menikah, ayahnya dikabarkan bangkrut tiba-tiba dan jatuh sakit dengan jenis penyakit aneh yang cukup mengerikan. Dibalik itu semua, dulu ayahnya sering bolak-balik dari vila yang jauh dari kota, seperti mengenang atau menyelesaikan suatu urusan, entah rahasia apa yang sedang disembunyikannya. Ada hal yang tak bisa diceritakan secara logika yang membuat Alfie nekat pergi ke vila kosong di tengah hutan itu. Namun siapa sangka ibu tirinya dan saudaranya Maya yang diperankan oleh Pevita Pearce, aktris pendatang baru Rafael sebagai Ruben dan Hadijah sebagai Nara datang ke rumah itu untuk mencari sesuatu yang berharga. Dari sanalah peristiwa-peristiwa supranatural mulai terjadi. Kejadian yang tak terduga dan ketegangan menghalau keberadaan mereka di sana.

Pemain film sebelum iblis menjemput ini memerankan karakter yang sangat apik. Akting Pevita Pearce yang baru memulai debutnya di film bergenre horor ini tak lantas membuat film ini terlihat biasa, bahkan di luar dugaan. Efek visual dan penokohan terasa benar-benar nyata. Darah, suara hutan yang alami, perasaan pasrah, dan teriakan ketakutan yang bergemuruh memenuhi ruangan yang bakal membuat penonton berteriak ketakutan, serta tak ketinggalan adegan thriller membuat penonton harus menahan jijik dan takut. Kedatangan sosok mengerikan dan teror yang tiada henti berhasil merasuki penonton. Tak ada kesan menunggu lama, penonton akan dibuat menebak-nebak dengan hasil visual yang benar terasa nyata seperti memiliki aroma mistis. Gelap, sunyi dan pemain hanya berkutat di sekitar rumah namun terasa luas.

Sosok horor yang digambarkan bukanlah berasal dari legenda hantu dari jajaran film Indonesia, melainkan dari sosok supranatural yang sangat kuat. Tidak hanya efek visual suara-suara yang dulunya dibilang mengganggu dalam film horor Indonesia, menjadi penguat karakter di film ini. Penonton akan dibuat tegang dengan adegan dan suara yang mencekam. Bagian yang membuat penonton kaget dalam film ini dipoles menjadi adegan yang tak bisa ditebak.

Dibalik menarik dan bagusnya film ini ada beberapa yang dirasa tidak perlu ada dalam film ini. Misalnya keadan saat Chelsea, Ruben dan Nora yang ketakutan setengah mati dikagetkan lagi dengan patung binatang yang tiba-tiba berubah jadi nyata. Rasanya hal itu tidak perlu, karena tak ada kaitan yang akurat dengan adegan yang sedang terjadi. Tapi entahlah, itu merupakan rencana yang sudah dibuat penulis yang mungkin memiliki makna tersendiri di film ini.

Kemudian adegan Chelsea dan dua saudaranya yang dikejutkan dengan sosok menakutkan di luar pintu saat mereka hendak melarikan diri. Bagian ini rasanya juga tak begitu jelas, karena dalam adegannya sosok itu tak lagi muncul di adegan setelahnya. Padahal bayangan yang menyeramkan seperti malaikat maut dalam film horor popular di Amerika tersebut cukup membuat penasaran. Lebih lagi, makhluk tersebut tidak bisa masuk padahal tidak ada apa-apa yang dimiliki oleh Chelsea saat itu.

Selain itu, dibagian akhir cerita terlalu banyak kejutan yang membuat pemain bingung. Bahkan sampai akhir film terlihat masih ada cerita yang rasanya masih menggantung. Namun secara keseluruhan film sebelum iblis menjemput ini sangat direkomendasikan bagi pencinta horor di Indonesia. Sangat disayangkan jika sampai terlewatkan. Selamat menonton.

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here