Beranda Berita

Proyek Air Bersih Siap Minum Selesai Akhir Bulan Ini, PLTMH Tahun 2019

Salah seorang mahasiswa sedang berjalan di lokasi sumber air bersih siap minum,  di arah Masjid Batu Unand, Senin (10/12/2018). (Foto: Nurul Pratiwi)

gentaandalas.com- Proyek pembuatan air bersih siap minum yang dilakukan Universitas Andalas (Unand) beberapa waktu lalu akan selesai akhir bulan Desember ini.

“Proyek air bersih ini telah berjalan, dan akan dapat beroperasi dalam bulan ini,” kata Dosen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Unand, Erigas, yang diwawancarai di Perpustakaan Unand, Senin, (10/12/2018).

Kemudian, Erigas menjelaskan bahwa air bersih siap minum tersebut dibuat di 30 titik, diantaranya, satu buah keran air bersih akan diletakkan di masing-masing fakultas dan asrama, satu buah di Rumah Sakit Unand, satu buah di Bussiness Center (BC), dan satu buah di Perpustakaan.

“Jaringannya (red-pipa) sudah ada di dalam (red-ditimbun dalam tanah), titik pemasangan kerannya sudah ada, hanya saja kerannya baru dipasang di FISIP. Menimbang keamanan lingkungan di titik yang lain belum jelas,” ujarnya.

Proyek air bersih siap minum ini merupakan bantuan langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. Air minum tidak diambil dengan gelas, namun hanya dengan membuka mulut saja.

Tak hanya menggiatkan proyek air bersih siap minum, kata Erigas, Unand juga sedang menggiatkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Proyek PLTMH merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

“Proyek PLTMH ini akan selesai di tahun 2019. Tujuan dibuatnya PLTMH ini agar Unand memiliki sumber listrik sendiri, sehingga pembayaran listrik ke PLN akan berkurang,” katanya.

Reporter: Nurul Pratiwi dan Tiwi Veronika
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here