Home Berita

Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unand Raih Akreditasi A

Beberapa civitas akademika keluar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Selasa (10/12/2019). (Foto : Icha Putri)

gentaandalas.com-Program studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Andalas (Unand) resmi meraih akreditasi A setelah dikeluarkannya surat keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada 30 November 2019 lalu. Hasil ini diperoleh setelah pengajuan Re-akreditasi pada tahun 2018.

Prodi IKM mulanya berada dibawah Fakultas Kedokteran Unand, namun pada tahun 2012 berdiri sendiri menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Setelah tujuh tahun berdiri akhirnya IKM mendapat akreditasi A.

Dekan FKM, Defriman Djafri mengungkapkan bahwa meskipun sudah terakreditasi A, mutu dan kualitas harus tetap ditingkatkan.

“Mutu kita harus terus ditingkatkan, karena ada istilah quality improvement continue artinya peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Karena akreditasi ini naik turun, jika tidak diatur rekomendasi dari asesor bisa jadi akreditasi  turun,” jelas Defriman saat diwawancarai kru Genta Andalas di Dekanat FKM, Selasa (10/12/2019).

BACA JUGA:
Bergaya Ala Eropa, Farm House Tawarkan Rekreasi Unik dan Instagramable

Defriman menambahkan untuk kedepannya prodi IKM akan dipersiapkan untuk akreditasi AUN QA. Setidaknya dosen tim borang akan dilatih untuk mempelajari instrumen penilaiannya. Defriman menargetkan akreditasi AUN QA prodi IKM pada tahun 2021, meskipun pada visi FKM sendiri target internasional itu tahun 2024.

“Tahun 2018-2020 target kita menjadi unggulan nasional dan Alhamdulillah sudah tercapai, dari 200 lebih prodi IKM di Indonesia hanya delapan  prodi IKM yang A, dan Unand salah satunya,” kata Defriman.

BACA JUGA:
Barrier Gate, FT Unand Tingkatkan Keamanan Parkir

Rani Pratama Putri seorang mahasiswa prodi IKM angkatan 2016 mengungkapkan bahwa hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa mengingat usia fakultas yang masih terbilang baru.

“Ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dan membanggakan. Harapannya untuk kedepan semoga akreditasi ini bisa dipertahankan,” kata Rani.

                                                                                                                    

Reporter : Icha Putri dan Dian Fitri Yova

Editor : Efi Fadhillah

Berita Lainnya

NO COMMENTS

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here