Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Pindahkan Perkuliahan S1 Pendidikan Dokter ke Limau Manis, FK Unand Tambah Gedung Kuliah

Dekan FK Unand Wirsma Harahap saat diwawancarai di Gedung FK Unand, Selasa (13/8/2019). (Foto: Efi Fadhillah).

gentaandalas.com- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) telah memindahkan pusat kegiatan perkuliahan untuk jenjang S1 Pendidikan Dokter ke Kampus Unand Limau Manis. Pindahnya pusat kegiatan perkuliahan Pendidikan Dokter menjadi motivasi FK untuk menambah gedung perkuliahannya yang saat ini sedang dilakukan.

Dekan FK Unand Wirsma Arif Harahap mengatakan pembangunan tambahan gedung kuliah ini telah dilakukan sejak dua tahun lalu.

“Pembangunan tambahan gedung kuliah telah dimulai sejak saya diangkat menjadi dekan,” kata Wirsma di Gedung FK Unand, Selasa (13/8/2019).

Meskipun belum banyak ruangan yang diresmikan, ungkap Wirsma, ada beberapa ruangan yang telah selesai dan dapat digunakan,  seperti ruang OSCE Centre untuk pelatihan kompetensi klinik mahasiswa Pendidikan Dokter dan aula pusat yang dapat menampung hingga 400 orang. Kemudian, ruangan lain yang akan selesai yaitu kafe yang dapat dioperasionalkan oleh mahasiswa, koperasi, perpustakaan, beberapa ruang belajar, dan Gym FK Unand yang akan digunakan untuk praktikum mahasiswa Pendidikan Dokter yang berhubungan dengan kardio (jantung).

BACA JUGA:  Jurusan Kimia Kembali Buka KBI, Syukri : Batu Loncatan Menuju RSC

“Di ruangan gym FK itu kan nanti ada alat fitness seperti treadmill, angkat beban, dan alat-alat lain yang akan membuat individu mengeluarkan keringat dan kelelahan. Setelah individu menggunakan alat itu, nanti mahasiswa bisa melihat perbedaan denyut jantung manusia normal dan manusia yang kelelahan,” jelas Wirsma.

Wirsma menambahkan, pembangunan ini tidak ada kaitannya dengan akreditasi FK yang sudah banyak dan dana pembangunan tambahan gedung kuliah ini mendapat bantuan pemerintah. Semua dana tersebut digunakan untuk memperbaiki fasilitas di kampus agar mahasiswa merasa nyaman dalam belajar.

BACA JUGA:  Kegiatan Donor Darah, Bentuk Kontribusi Sederhana

“Alhamdulillah kami sudah mendapat banyak akreditasi, tapi pembangunan ini tidak ada kaitannya dengan akreditasi. Untuk dana, kami mendapat bantuan dari pemerintah, uang UKT mahasiswa, sumbangan dari alumni FK Unand dan dari orang tua mahasiswa,” tambah Wirsma.

Reporter: Geliz Luh Titisari dan Efi Fadhillah

Editor: Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here