Beranda Berita

PIKMAG Unand Adakan Bakti Sosial di Panti Asuhan Wira Lisna

Kegiatan Bakti Sosial yang diadakan di Panti Asuhan Yatim Piatu Wira Lisna , Selasa (11/9/2018). (Foto: Firdzatil Arifa).

gentaandalas.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa Andalas Grup (PIKMAG) Universitas Andals (Unand) mengadakan bakti sosial di Panti Asuhan Yatim Piatu Wira Lisna, Mata Air, Padang Selatan, Padang, Selasa (11/9/2018).

Panti Asuhan Wira Lisna merupakan panti yang berdiri dengan menggunakan uang kas panti. Hal tersebut dikarenakan kondisi bangunan panti yang terlihat besar dan layak huni sehingga tidak banyak donatur yang memberikan bantuan.

Panti ini dihuni oleh 40 orang anak-anak yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat maupun luar kota. “Ada yang dari Payakumbuh, Padang Panjang, Pesisir Selatan, dan ada juga beberapa orang yang berasal dari pulau Jawa,” kata Syahadatul Husni selaku ketua acara.

Kategori anak asuh di panti ini berusia sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga kuliah. Anak-anak asuh yang berada di panti ini merupakan anak yatim, piatu, yatim piatu, fakir, anak jalanan, dan anak terlantar.

Bakti sosial ini bertemakan Sprinkle Love in One Grip yang artinya menebar cinta dalam satu genggaman. “Satu genggaman itu maksudnya kita sama adik-adik panti itu sama, sama-sama menggapai mimpi, dan di panti asuhan itu tidak hanya tempat penampungan anak, tapi juga ruang untuk mimpi-mimpi bernaung,” tutur Husni.

Kegiatan ini memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini tentang pendidikan berkarakter dan pendidikan agama islam, dengan memberikan informasi mengenai nabi dan rasul serta menceritakan beberapa kisah para rasul. Husni mengatakan, dari rangkaian agenda tersebut, terlihat jika anak-anak antusisas terlebih saat games. “Anak-anak panti tampak antusias saat diberikan pendidikan yang diselingi dengan adanya games,” tutur Husni.

Kegiatan untuk anak-anak usia remaja tentang pendidikan seks, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dan Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) yakni tiga kesehatan reproduksi remaja yaitu seksualitas, HIV/AIDS dan narkotik, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Tidak hanya itu, bakti sosial ini juga mengajarkan kepada anak-anak untuk bermimpi dan memberikan motivasi untuk anak-anak bagaimana cara meraih mimpi-mimpi mereka tersebut.

“Perbedaan bakti sosial sekarang dengan tahun lalu itu bedanya tahun lalu kita tidak kepikiran untuk membeli sesuatu untuk panti, kalau tahun sekarang sudah bisa beli sajadah untuk panti” ujar Sabrina Arianita Chairunisya selaku pemimpin UKM Pikmag.

Reporter : Fildzatil Arifa

Editor: Pitnia Ayu Saputri

 

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here