Selasa, 19 September 2017

Home » Berita » Empat Faktor yang Tentukan Unand Menjadi Salah Satu Perguruan Tinggi Terbaik

Empat Faktor yang Tentukan Unand Menjadi Salah Satu Perguruan Tinggi Terbaik

13 September 2017 - 5:11 WIB Kategori: Berita, Liputan 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 272 Kali

Rektor Unand Tafdil Husni tengah menyampaikan pidatonya dalam dies natalis Unand ke-61 di Convention Hall Unand, Rabu (13/9/2017). (Foto: Agung Ramadhan).

gentaandalas.com- Rektor Universitas Andalas (Unand), Tafdil Husni dalam pidatonya pada rapat senat terbuka, Rabu (13/9/2017) menyampaikan bahwa berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi yang diumumkan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) 17 Agustus 2017 lalu, Unand masuk dalam jajaran klasterisasi pertama Perguruan Tinggi. Dalam hal ini Unand menduduki peringkat ke-12 dari 14 Perguruan tinggi yang juga berada pada klasterisasi pertama.

“Pencapaian ini didasarkan atas 4 indikator penilaian, yaitu kualitas sumber daya manusia 30%, kelembagaan 28%, kemahasiswaan 12%, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 30%,” tutur Tafdil. Lebih lanjut Tafdil juga menjelaskan bahwa dari segi kualitas sumber daya manusia meliputi dosen begelar doktor, dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar S3, serta rasio mahasiswa dengan dosen. Dari segi kelembagaan meliputi akreditasi institusi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi program studi BAN-PT, jumlah program studi terakreditasi internasional dan jumlah mahasiswa asing. Selanjutnya dari segi kemahasiswaan meliputi jumlah capaian pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan prestasi mahasiswa pada lomba nasional dan internasional. Terakhir adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang meliputi capaian kinerja penelitian serta jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per dosen.

“Saat ini tenaga kependidikan berjumlah 1.587 orang dengan 837 PNS dan 750 tenaga kontrak dan staf pengajar sebanyak 1.371 orang yang mana 553 diantaranya bergelar Doktor (40,3%), serta 141 orang Guru Besar,” terang Tafdil. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas mutu institusi dan kualitas lulusan secara berkelanjutan, Unand melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) terus mendorong program studi untuk mendapatkan akreditasi Internasional seperti ABET untuk bidang Teknik dan AUN-QA untuk lima program studi S1 yaitu Manajemen, Akuntansi, Farmasi, Kedokteran dan Biologi, tambahnya.

Meskipun telah berkembang dan banyak mencapai kemajuan serta prestasi yang diperoleh, tetapi Unand harus mengakui bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan untuk maju lebih cepat lagi, Tafdil berharap melalui acara ini pimpinan Unand dan seluruh civitas berusaha lebih giat lagi agar kedepannya hambatan dan kekurangan dapat diatasi.

Reporter: Agung Ramadhan dan Metria Indeswara

Editor: Suci Addina Islamy

Empat Faktor yang Tentukan Unand Menjadi Salah Satu Perguruan Tinggi Terbaik Reviewed by on . [caption id="attachment_15630" align="aligncenter" width="600"] Rektor Unand Tafdil Husni tengah menyampaikan pidatonya dalam dies natalis Unand ke-61 di Conven [caption id="attachment_15630" align="aligncenter" width="600"] Rektor Unand Tafdil Husni tengah menyampaikan pidatonya dalam dies natalis Unand ke-61 di Conven Rating: 0

Permalink : https://wp.me/p52sAd-444

Tinggalkan Komentar

scroll to top