Beranda Berita

Perubahan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020

Syafwardi(baju biru) menyampaikan sosialisasi peraturan baru penerimaan mahasiswa PTN 2020. (foto: Nurul Anisa Azwir)

gentaandalas.com- Sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri tahun 2020 mengalami perubahan terkhususnya dalam hal pemeringkatan siswa. Wewenang pemeringkatan siswa yang biasa berada pada Lembaga Tim Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), di tahun 2020 mendatang akan diserahkan kepada sekolah masing-masing. Perubahan sistem tersebut diarahkan untuk lebih memberikan peranan yang luas kepada sekolah terhadap data siswa yang di input.

Selain perubahan sistem pemeringkatan, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK juga mengalami perubahan dari segi waktu. Pelaksanaan UTBK yang biasa dilakukan dalam dua kali tes pada hari Sabtu dan Minggu akan dijadikan satu hari saja.

“Untuk tahun 2020 ujian UTBK akan dilaksanakan sekali saja, selama 7 hari dalam seminggu yang satu harinya akan dibagi menjadi dua sesi,” tutur Kepala Biro dan Kemahasiswaan Universitas Andalas (Unand), Syafwardi ketika sosialisasi sistem penerimaan mahasiswa PTN 2020 di Auditorium Unand, Senin (18/11/19).

“Siswa jurusan IPA dapat beralih mengambil jurusan Sosial Humaniora maupun sebaliknya dalam pelaksanaan ujian tahun besok(2020),” lanjut Syafwardi menjelaskan.

Adapun menurut salah satu siswi SMA 1 Canduang yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengemukakan dirinya tidak mempermasalahkan tentang sistem pemeringkatan siswa yang diserahkan kepada sekolah. Namun, Syifa menyayangkan pelaksanaan ujian UTBK yang hanya satu kali. Pendapatnya senada dengan Afifah,  siswi dari satu SMA yang sama dengan Syifa.“Sayang sekali, ujian UTBK tahun besok hanya dilakukan satu kali.” ungkapnya.

 

Reporter :  Tiwi Veronika dan Nurul Anisa Azwir

Editor : Nindi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here