Beranda Berita

Perubahan Nomenklatur Kepala Biro BEM KM Unand, Ismail: Sah-sah Saja

gentaandalas.com- Pemimpin biro BEM KM Unand yang sebelumnya disebut Kepala Biro, saat ini telah diubah menjadi Direktur. Presiden BEM KM Unand, Ismail Zainuddin memberikan klarifikasi terkait hal ini.

Menurutnya, penggunaan nama Direktur bertujuan untuk penguatan fungsi dan dinilai lebih cocok ketimbang Kepala Biro.

“Direktur lebih cocok untuk menggantikan Kepala Biro. Selain itu, dalam undang-undang tidak ada yang mengatur hal tersebut, jadi sah-sah saja,” katanya saat diwawancarai di Gedung PKM Unand Lantai 2, Jumat (18/1/2019).

Dalam struktur BEM KM Unand, selain kementerian, juga ada Biro Audit Internal, Biro Kesekretariatan, dan Biro Keuangan. Ismail mengatakan, berdasarkan KBBI penggunaan nama Direktur tidak bertentangan dengan fungsi  masing-masing biro tersebut.

Dalam KBBI, dijelaskan bahwa Direktur merupakan pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan. Selanjutnya, Direktur adalah orang yang bertugas untuk memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, dan penerangan.

“Orang yang bertugas untuk memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, dan penerangan, itu merupakan tugas dari Biro Audit Internal dan Biro Kesekretariatan yang mengurus sekretariat BEM,” kata Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menjelaskan bahwa secara umum Biro Keuangan ataupun Danus dalam suatu organisasilah yang mengurus usaha, baik barang maupun jasa. Biro tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan.

“Bisa kita lihat fungsinya sesuai dengan pengertian Direktur dalam KBBI. Biro Keuangan sesuai dengan pengertian yang pertama (pemimpin tertinggi perusahaan) secara umum,” jelasnya.

Penggunaan nama Direktur adalah sesuatu yang tergolong baru sepanjang sejarah BEM KM Unand. Sementara, untuk jabatan staf dalam Kabinet Tekad Juang yang dipimpin Ismail saat ini masih dalam proses perekrutan.

Reporter: Anjasman Situmorang dan Nisa Ulfikriah

Editor: Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here