Beranda Berita

Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Novel Baswedan: Kita Harus Sadar Dampak Jangka Panjang Korupsi

Penyidik KPK Novel Baswedan menyampaikan peranan milenial dalam memberantas korupsi di Kolam PKM Unand, Selasa (10/12/2019). (Foto: Icha Putri)

gentaandalas.com- “Korupsi itu berbahaya. Sadar ataupun tidak, korupsi akan semakin menyebabkan kesengsaraan yang berkepanjangan,” kata Novel Baswedan, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas, Selasa (10/12/2019).
Novel mengungkapakan, korupsi terus terjadi salah satunya dikarenakan masyarakat tidak merasakan atau mendapatkan efek langsung dari tindakan tersebut, oleh karena itu banyak yang tidak acuh.
“Kita harus bisa berpartisipasi secara konkrit, korupsi terjadi karena kita tidak merasakan efek langsungnya. Upaya berpartisipasi dalam perjuangan melawan korupsi itu penting. Korupsi akan semakin kuat kedepannya; kemiskinan dimana-mana, dan hak-hak atas pendidikan dan kesehatan juga akan ikut terkena imbas,” tuturnya.
Menurut Novel, cara memberantas korupsi ialah dengan membangun karakter positif dan menanamkan kepekaan dalam diri. “Jika hanya belajar tapi tidak membangun karakter diri, maka kita berada di posisi yang salah. Orang yang punya kesuksesan besar adalah orang yang punya landasan kuat membangun karakternya, dan itu ada kaitannya dengan Kepedulian terhadap urusan orang lain,” ujarnya.
Dengan memperingati hari Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia Internasional, Novel berharap mahasiswa dan generasi millenial semakin lama samakin sensitif dengan dampak korupsi. Korupsi terjadi dan meluas sedemikian rupa seolah tidak terjadi apa-apa. Ia juga menginginkan agar masyarakat dapat terus berupaya agar korupsi bisa dieliminasi dari negara Indonesia, walaupun keberpihakan politik di negeri tidaklah demikian.
Terkait kasus yang ia alami ia berpendapat bahwa itu sudah diatur oleh tuhan untuk dirinya dan ia bersyukur karena pastilah terbaik untuk saya dari tuhan. “Itulah yang membuat saya bersemangat untuk berbuat suatu hal yang baik dan positif. Saya selalu berjuang untuk memilih jalan kebenaran seperti apapun resiko dan ancaman yang akan saya hadapi,” tuturnya.

BACA JUGA:
Barrier Gate, FT Unand Tingkatkan Keamanan Parkir

Reporter : Icha Putri dan Dian Fitri Yova

Editor : Rahmadina Firdaus

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here