Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Perbaiki Bacaan Al-Quran, Maba Unand 2019 Ikuti TBQ

Sekelompok Mahasiswa Mengikuti TBQ di Masjid Nurul Ilmi Unand, pada Senin (26/08/2019). (Foto : Nurul Anisa Azwir)

gentaandalas.com- Dalam rangka memperbaiki tajwid bacaan Al Quran, mahasiswa baru (Maba) Universitas Andalas (Unand) yang beragama islam diwajibkan mengikuti Tes Baca Quran (TBQ) di Masjid Nurul Ilmi, Senin (26/08/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian lanjutan dari Training Andalasian Character (TAC) sekaligus praktikum mata kuliah Pendidikan Agama Islam.

Ilman Syarif Masri selaku ketua umum Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI) mengatakan bahwa tujuan utama diadakannya TBQ ialah untuk mengetes dan mengetahui keadaan bacaan quran para Maba yang telah dipelajari semenjak di Sekolah Dasar.

“Tujuan Morilnya adalah untuk mengenalkann kembali Al-quran dan mendekatkannya. Mungkin ada beberapa orang yang belum pernah membaca Al-quran sehingga kita bisa mengenalkannya,” kata Ilman saat diwawancarai di lapangan masjid Nurul Ilmi Unand.

Ilman menjelaskan bahwa TBQ dilaksanakan secara bergantian sesuai jadwal fakultas masing-masing, yang berlangsung selama lima hari. Hari pertama diawali oleh Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Budaya. Selanjutnya diikuti fakultas lainnya hingga lima hari ke depan.

BACA JUGA:  Tingkatkan Motivasi Mahasiswa, Gema 2019 Adakan Talkshow

Ia menambahkan bahwa Maba yang belum memenuhi standar baca Al-Quran, akan di Follow Up pada kegiatan mentoring fakultas. Di sanalah akan dimulai pembinaan dan perbaikan bacaan Al-quran secara intensif. Selesai TBQ maba akan mengikuti Grand Opening Mentoring pada 7 September 2019 di gedung Auditorium Unand.

Salah seorang peserta Rizki Ramadani mengatakan bawa kegiatan ini bagus untuk dilaksanakan dan sangat membantu mahasiswa.

“Kegiatan TBQ ini sangat bermanfaat, saya berharap TBQ tetap dilakukan tiap tahunnya dan bukan saja diperuntukkkan buat Maba, tetapi keseluruhan mahasiswa Unand,” ujar Rizki.

Reporter : Nurul Anisa Azwir

Editor : Ramadanil Fajri

Pilihan Editor

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here