Beberapa orang pekerja sedang melakukan perbaikan jalan Gerbang-Bundaran Rektorat Unand pada Jumat (15/10/21). (Genta Andalas/ Natasya Salsabilla Festy)

Padang, gentaandalas.com- Perbaikan jalan dari Gerbang hingga Bundaran Rektorat Universitas Andalas (Unand) masih terus berjalan. Koordinator Umum Azral mengatakan sejauh ini proyek tersebut telah berjalan hingga 40 persen.
“Berdasarkan perjanjiannya dilakukan secara bertahap, tanpa mengganggu sirkulasi transportasi ke dalam dan keluar kampus,” sebut Azral saat diwawancarai Genta Andalas, Jumat (15/10/2021).

Perbaikan jalan tersebut menerapkan sistem buka tutup satu jalur, sehingga jalur yang lain dapat dilewati pengendara. Sejauh ini perbaikan jalan telah mencapai simpang Rumah Sakit Unand. Lebih lanjut, Azral mengatakan perbaikan tersebut memiliki batas kontrak hingga 31 Desember 2021 dengan perkiraan panjang jalan berkisar hingga 1.300 meter.

Koordinator Umum Unand tersebut menambahkan bahwa perbaikan jalan ini merupakan kontrak kerjasama antara Satker Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah II Sumatra Barat (Sumbar) dan Direktur PT. Asiva Mandiri Pratama. Namun, Azral mengatakan Unand tetap memiliki tim teknis yang ikut mengawasi proyek ini. Ia berharap tidak ada sisa pekerjaan melewati batas kontrak yang ditentukan.

“Unand berharap semua jalur gerbang kiri kanan itu sudah bisa sampai ke atas. Itu permintaan kita agar menghindari adanya jalan bergelombang ketika kuliah langsung sudah dimulai,” tambah Azral.

Di samping itu, kuliah luring yang telah direncanakan juga menjadi perhatian di tengah proyek yang masih berjalan. Azral mengatakan kepadatan jalan akan terhindar jika warga Unand lebih banyak yang menggunakan angkutan umum.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Muhamad Affandi Fitra berharap perbaikan jalan tersebut bisa dipercepat sehingga dapat digunakan.
“Perbaikan ini bagus karena nantinya pengguna jalan akan merasa nyaman, tidak seperti jalan lama. Selain itu, dengan jalan baru ini tentu mobilitas ke Unand akan lebih cepat,” ujarnya saat diwawancarai Genta Andalas, Jumat (15/10/2021).

Reporter : Natasya Salsabilla Festy dan Nando Ferdiansyah
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here