Beranda Berita Liputan

Peraturan Baru, Pencairan Dana Bidikmisi Tertunda

Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Unand, Destrinita

gentaandalas.com Keterlambatan pencairan dana Bidikmisi selalu menjadi kekecewaan bagi sebagian mahasiswa penerima Bidikmisi. Ditambah lagi dengan sistem pencairan Bidikmisi yang sering berubah tanpa adanya sosialisasi. Hal tersebut membuat sebagian mahasiswa Bidikmisi mengeluh kepada Universitas Andalas (Unand). Tidak jarang, banyak mahasiswa yang hanya mengandalkan dana Bidikmisi untuk memenuhi kebutuhan perkuliahannya.

Salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi, Arni, mempertanyakan pencairan Bidikmisi yang selalu berubah, sebelumnya sudah ditetapkan untuk dicairkan sekali sebulan.

“Unand sudah menetapkan akan dikeluarkan sekali sebulan, bulan November dan Desember memang sudah keluar, tapi yang bulan Januari dan Februari kenapa masih belum keluar,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sosial Media Sebagai Wadah Penyalur Karya

Menanggapi hal tersebut, Destrinita, selaku Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Unand mengatakan bahwa keterlambatan pencairan dana Bidikmisi terjadi karena adanya peraturan baru. Hal ini dikarenakan banyaknya dari mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang memiliki IPK tidak memenuhi syarat.

Perempuan yang kerap disapa Buk Ing ini juga mengatakan bahwa mereka sedang merangkum nilai mahasiswa untuk dilaporkan ke sistem Bidikmisi Dikti. Setelah pelaporan, akan dilakukan validasi seluruh perguruan tinggi se-Sumatera Barat (Sumbar), yang dijadwalkan tanggal 13-16 Februari ini.

BACA JUGA:  Kelas Internasional, Faterna Siap Menuju AUN-QA

“Pencairan dana belum pasti, karena kami belum mengadakan validasi dan tanda tangan kontrak. Setelah validasi insyaallah sudah bisa diambil oleh mahasiswa,” ujarnya saat diwawancari, Senin, (04/02/2019).

Destrinita menjelaskan bahwa untuk penerimaan dana sendiri, masih menggunakan sistem satu kali sebulan seperti beberapa bulan belakangan. Karena keterlambatan yang terjadi, untuk dana bidikmisi tiga bulan (Januari, Februari, Maret) bisa diambil oleh mahasiswa yang memenuhi kriteria.

Reporter: Nurul Fatimah dan Sukma Hayati

Editor : Ramadanil Fajri

 

 

6 KOMENTAR

  1. Pertama di bilang adanya peraturan baru tapi di bawah dibilang masalah ipk terus nunggu validasi eh lagi2 balik ke peraturan lama gmana ngak ambigu rekan2
    Terkadang mahasiswa di bungkam suaranya sama nilai dan aturan yang asyik

  2. Berarti Maret baru keluar kah admin? Karna disana disebutkan “untuk dana bidikmisi tiga bulan (Januari, Februari, Maret) bisa diambil oleh mahasiswa yang memenuhi kriteria” sampai 3 bulan terlambatnya yaa utk yg katanya masih memakai sistem sekali sebulan

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here