Rizanda Machmud sedang menjadi pembicara dalam Seminar Nasional PRISMA 3.0 FKM Universitas Andalas, Minggu (31/10/2021)

Milenial menjadi pelopor utama yang diharapkan mampu mendorong terciptanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini ditujukan guna meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Martga Bella Rahimi, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Prisma 3.0 Nasional, Minggu (31/10/2021).

“Milenial punya peran besar untuk mencapai Indonesia Sehat. Contohnya menjadi influencer yang mendorong masyarakat untuk menerapkan protokol ” jelas Martga.

Lebih lanjut Martga juga menjelaskan bahwa memang sebelum pandemi masyarakat terkesan tidak peduli dengan adanya PHBS, namun semenjak pandemi, mulai ada kesadaran dari masyarakat terlebih berlakunya tuntutan dari pemerintah untuk menerapkan PHBS guna menuju indonesia sehat. Hal itulah yang menyebabkan saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan berbagai protokol kesehatan yang ada.

Selain adanya PHBS, Aulia Rahman, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, mengatakan bahwa masyarakat dan milenial juga perlu menerapkan 3M untuk meningkatkan kualitas kesehatan baik bagi pribadi, keluarga ataupun masyarakat secara keseluruhan.

“Kualitas kesehatan juga harus ditingkatkan melalui penerapan protokol kesehatan dengan 3M yaitu mulai dari kita sendiri dan sekitar, mulai dari kecil, dan mulai dari sekarang” ujarnya pada Seminar Nasional Prisma 3.0 Nasional.

Rizanda Machmud, Guru Besar Fakultas Kedokteran Unand, juga mengungkapkan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kesehatan di tengah masyarakat.

“Dengan Germas diharapkan masyarakat mampu menyadari pentingnya meningkatkan aktivitas fisik, mengkonsumsi pangan sehat, mendeteksi dan mencegah penyakit sejak dini serta peningkatan kualitas lingkungan di sekitar” tutup Rizanda saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Prisma 3.0 Nasional, Minggu (31/10/2021).

Reporter: M. Bimo Setiawan Perdana Wilan

Editor: Elvi Rahmawani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here