Oleh : Ade Selvia*

Masa perkuliahan tidak cukup hanya fokus pada bidang akademik saja, tetapi juga diperlukan wawasan dan pengalaman selain pada bidang yang ditekuni. Mahasiswa berprestasi Jurusan Ilmu Politik Nugel Dwiputra Pangarso memiliki prinsip bahwa wawasan dan pengalaman di luar dari bidang kuliah yang ditekuni dapat menjadi nilai plus tersendiri saat terjun di dunia kerja.
Mahasiswa yang akrab dipanggil Nugel tersebut menceritakan kisahnya dari awal mula terjun dalam dunia debat. Ia menuturkan bahwa perjuangan dalam menekuni hobinya tidak semulus jalan lurus. Tak jarang ia menjumpai kendala dalam menyeimbangkan antara kegiatan perkuliahan dengan hobi yang ia tekuni. Namun, kata-kata dari pelatihnya menjadi motivasi yang selalu ia pegang dan membuatnya semakin betah dalam keahlian debat tanpa mengeluh. “Jangan biarkan kuliahmu mengganggu debatmu,” tuturnya menirukan pelatihnya.
Sewaktu menjadi pemula, seperti orang lainnya ia juga mengalami keraguan dan kurang percaya diri dalam memulai impiannya. Hal itu bermula saat ia yang merasa minder dengan orang lain yang telah memulai lebih dulu dan ia tidak yakin apakah bisa seperti mereka atau tidak. Lagi-lagi, dengan ketekunannya mendalami dunia debat, sering mengikuti latihan dan kompetisi membuatnya semakin percaya diri. Walaupun sempat terkendala dengan izin orang tua, namun sekarang ia mampu mencapai hasil yang mengesankan dan mampu menghadapi rintangan yang ada.
Meski pandemi ia tetap mendalami minatnya, hal ini terbukti ketika Nugel menjadi delegasi perwakilan Unand dalam lomba debat National University Debating Championship (NUDC). Meskipun diadakan secara online, namun ia bersama rekannya dapat melaju ke tahap kuarter final. “Posisi tersebut sudah lumayan lama tidak didapat Unand. Kami sangat bersyukur pada tahun itu kami dapat meraih posisi tersebut,” jelas Nugel saat diwawancarai via telepon, Kamis (04/03/2021).
Perjuangan Nugel dalam menekuni minatnya telah membuahkan segudang prestasi. Sederet kemenangan telah diraihnya selama mendalami dunia debat. Prestasi tersebut diantaranya Open Quarter-finalist NUDC 2020, Co-3rd Best Speaker of SOVED 2020, Quarterfinalist of SOVED 2020, Best Speaker and UNAND delegates for NUDC, 7th Novice Best Speaker of IVED-Atmajaya Jakarta, Octofinalist Open category of IVED-Atmajaya Jakarta, dan 1st Best Speaker of REACH UNP.
Saat ini Nugel juga menjabat sebagai Vice President di Andalas Debating Society. Disamping ingin memajukan potensi dirinya, Nugel juga ingin berbagi ilmu pada mahasiswa lain. Nugel berharap mahasiwa Unand dapat lebih menorehkan prestasi di bidang debat dan meneruskan prestasi Unand di kompetisi National University Debating Championship (NUDC). “Selain itu, aku harap mahasiswa Unand memajukan critical thinking-nya agar dapat siap memasuki dunia kerja di masa yang akan datang,” tutupnya.

*Penulis merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Andalas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here