Beranda Berita

Penerima Bidikmisi 2020 Wajib Miliki KIP

Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah yang harus dimiliki penerima Bidikmisi 2020, Rabu(29/01/2020). (Foto : Nurul ‘Ain)

gentaandalas.com-Berdasarkan keputusan dari Kemendikbud bahwasanya penerima beasiswa Bidikmisi 2020 adalah Mahasiswa yang mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Sedangkan pihak Unand masih menunggu keputusan dari Kemenristekdikti. KIP dikeluarkan oleh kelurahan masing-masing mahasiswa penerima. Tanpa adanya kartu ini maka mahasiswa tidak bisa mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

“Calon penerima bidikmisi tahun 2020 adalah mahasiswa yang mendapatkan KIP kuliah, yang mengeluarkan kartu ini adalah dari kelurahan masing-masing mahasiswa penerima,” jelas Destrinita di Gedung PKM Unand, Rabu (29/1/2020).

Aturan ini akan diterapkan mulai dari tahun 2020 berdasarkan kedatangan Dirjen Pendidikan Tinggi pada bulan November 2019 lalu. Namun, belum ada validasi mengenai aturan baru penerima beasiswa Bidikmisi 2020. Hal ini menunggu dilaksanakannya Diseminasi, yaitu pengumpulan seluruh pengelola beasiswa Bidikmisi Wilayah Barat mengenai pengeluaran aturan baru ini.

“Saya sudah menghubungi Kemenristekdikti. Namun, belum ada balasan, ini berarti bahwa belum ada keputusan mengenai aturan baru,” ungkap Destrinita

Berdasarkan keputusan ini timbul kekhawatiran karena ketidakmerataan terhadap penerima KIP kuliah calon mahasiswa yang membutuhkan beasiswa bidikmisi.

“Akan timbul kekhawatiran tidak mendapat KIP kuliah oleh calon mahasiswa yang mengharapkan beasiswa Bidikmisi saat berkuliah. Karena ketidakmerataan dan tidak tepat sasarannya KIP,” jelas salah seorang Mahasiswi Jurusan Akuntansi, Nadia.

Keputusan mengenai KIP kuliah 2020 dan keputusan sistem pengeluaran dana beasiswa bidikmisi akan dikeluarkan pada akhir bulan Februari atau awal bulan Maret 2020 nanti.

Reporter: Nurul ‘Ain dan Linda Susanti

Editor : Suhada Tri Marneli

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here