(Genta Andalas/dok.pribadi)

Padang,GentaAndalas– Rektor Universitas Andalas (Unand) Yuliandri telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pembukaan Program Studi (Podi) doktor (S3) Sosiologi pada Senin, (04/07/2022). Pengusulan pembukaan prodi S3 Sosiologi ini sudah diajukan sejak Maret 2021 lalu. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Azwar mengungkapkan bahwa FISIP berani mengajukan pembukaan prodi ini karena Prodi Sosiologi adalah salah satu Prodi yang eksistensinya yang paling lama di FISIP Unand.

Lebih lanjut, Azwar selaku Dekan FISIP mengatakan pengeluaran SK Rektor tersebut merupakan tindak lanjut dari persetujuan yang dikeluarkan BAN-PT menimbang sudah terpenuhinya syarat umum pembentukan Prodi baru.

“BAN-PT awalnya telah memberikan persyaratan diantaranya mewajibkan bahwa harus ada minimal lima tenaga didik tetap serta telah memperoleh akreditasi A di jenjang S1 dan S2. Namun, prodi Sosiologi telah memiliki dua guru besar dan delapan doktor sementara dan penuhi syarat nasional yang diberikan,” ungkap Azwar saat diwawancarai Genta Andalas pada Kamis (07/07/2022).

Azwar menambahkan terdapat tiga indikator utama dalam borang pendaftaran yang diajukan ke BAN PT oleh FISIP, yaitu tentang profil Prodi, kurikulum yang disusun, dan sistem pembelajaran, dan semua indikator-indikator tersebut telah mampu dipenuhi oleh prodi Sosiologi dalam pembukaan prodi S3.

“ Indikator-indikator utama termasuk juga didalamnya memuat eksistensi S3 Sosiologi, menyusun kurikulum yang berdasarkan Kualifikasi Kompetensi Nasional Indeks (KKNI), serta sistem pembelajaran yang akan diperoleh mahasiswa baik itu secara seat in, short course, dan by research,” ujar Azwar.

Keberhasilan pembukaan Prodi S3 Sosiologi merupakan hal yang membanggakan bagi Unand dimana Unand mampu menjadi Universitas pertama dan satu-satunya di Sumatera yang menyediakan Program S3 Sosiologi.

“Insyallah pada semester ganjil 2022/2023 ini sudah menerima mahasiswa baru,” ungkap Azwar.

Hal yang dama juga disampaikan Maihasni selaku kepala jurusan Sosiologi Unand menjelaskan alasan diadakannya Pembukaan Program S3 Sosiologi Unand.

“Kami mengusulkan Prodi ini ya karena sebelumnya sudah ada beberapa permintaan dari kalangan akademisi dan birokrasi, serta dalam penentuan fokus kajian pun kami sesuaikan dengan pasar yang ada yang bisa menjadi pembeda dari S3 sosiologi di Universitas se-Indonesia,” ujar Maihasni saat diwawancarai Genta Andalas pada Kamis (07/07/2022).

Maihasni menambahkan kesiapan pihak prodi dalam pembukaan Program S3 Soiologi ini sudah baik dan telah lama dipersiapkan.

“Kami telah mempersiapkan banyak hal dalam menyambut kabar baik ini diantaranya kami akan membentuk kurikulum dan SDM tenaga pendidik dengan melakukan pemilihan ketua Prodi pada hari Senin mendatang,” tutup Maihasni.

 

Reporter: Aisyah Luthfi dan Lusi Agustia
Editor : Elvi Rahmawani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here