Penyerahan bibit tanaman oleh mahasiswa KKN Unand kepada Camat Magek di Kantor Camat Magek pada Jumat(16/7/20221). (Genta Andalas/Dok.Pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Mahasiswa KKN Unand Nagari Magek memberikan dan menanam 1000 bibit tanaman di Kantor Kecamata Magek Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat (16/7/2021).
Penanggungjawab program kerja menanam 1000 bibit, Fachri Anugrah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli kepada lingkungan, cinta pertanian, dan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon.

Melalui kegiatan ini, ia juga berharap dapat menghijaukan kembali Nagari Magek.
100 bibit tanaman akan diberikan untuk Kantor Camat, 200 untuk Kantor Wali Nagari, dan sisanya akan dibagikan kepada masyarakat oleh mahasiswa KKN Unand.
“Bibit tanaman yang dibagikan yaitu bibit tanaman sirsak, durian, jambu air, jambu biji, jambu bol, dan ketapang,” jelas Fachri.

Ketua KKN UNAND Nagari Magek, Ferdi Habib Maulana mengatakan bahwa fokus sasaran kegiatan 1000 bibit tanaman ini ialah masyarakat. Ia juga mengatakan hal yang melatar belakangi kegiatan ayo tanam 1000 bibit ini karena banyaknya lahan kosong di Nagari Magek.
“Kami melihat banyaknya lahan kosong di Nagari Magek dan berpotensi untuk ditanami bibit tanaman yang menghasilkan buah dan nantinya agar bisa dinikmati masyarakat,” ujar Ferdi.

Ferdi menambahkan Selain penanaman diutamakan pada lahan yang masih kosong, terkhusus bibit pohon ketapang nantinya akan ditanam di kawasan perkantoran atau sekolah-sekolah karena sekaligus dapat sebagai tanaman hias.
Mahasiswa KKN Nagari Magek berharap dengan adanya kegiatan penanaman 1000 pohon ini nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar khususnya Nagari Magek dan menimbulkan sikap cinta terhadap tanaman dan kepedulian terhadap lingkungan oleh masyarakat Nagari Magek.

Reporter: Suhada Tri Marneli dan Elvi Rahmawani
Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here