Pandangan Dosen Dan Mahasiswa Terkait Kuliah Tatap Muka Pada Januari 2021

Potret kegiatan dalam ruangan di Universitas Andalas (Dok. Pribadi/Genta Andalas)

Padang, gentaandalas.com- Dirujuk dari berita Kompas.com (7/12/2020), mengenai kuliah tatap muka yang akan dilaksanakan di lingkungan Universitas Andalas (Unand). Rektor Unand menyatakan rencana tersebut dibuat dengan pertimbangan mahasiswa baru (maba) yang belum pernah datang ke kampus.

Menanggapi hal ini dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, Ria Febrina, membenarkan dan menyetujui rencana tersebut dengan alasan tidak perlu berlarut dengan kekhawatiran terhadap pandemi Covid-19. Peraturan pentingnya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Benar, akan ada rencana perkuliahan tatap muka untuk maba, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk mahasiswa lama. Menurut saya, kita tidak perlu terlalu larut dengan kekhawatiran akan pandemi ini. Karna kita lihat saat ini di beberapa tempat, misalnya pusat perbelanjaan, kemudian fasilitas umum, masyarakat sudah mulai beraktifitas seperti sebelumnya,” jelas Ria saat diwawancari Genta Andalas via telepon pada Senin, (21/12/2020).

Mahasiswa Sastra Indonesia Unand, Rizki Junando Sandi, tidak setuju apabila diadakan kuliah tatap muka 2021, menurutnya selama kuliah dilaksanakan secara online, tidak ada kendala berarti. “Tidak ada kendala apa pun selama (kuliah) online kemarin, jika kita memaksakan kuliah offline berarti sama halnya kita menambah infeksi virus Corona di Indonesia,” kata Rizki

Berbeda dengan Rizki, mahasiswa baru jurusan peternakan, Aprilia Nofita, berharap kuliah tatap muka di Unand dapat dilaksanakan pada 2021. Menurutnya, pembelajaran secara online tidak asyik. Aprilia juga mengatakan ketidak efektifan kuliah online, karena terkendala kuota dan jaringan internet.

“Pertama yang saya rasakan sebagai maba dalam mengawali perkuliahan secara online,mungkin akan tidak asyik, dan setelah dilaksanakan memang tidak asyik. Banyak kendalanya seperti kuota, jaringan dan tidak bersemangat,” kata Nofita.

Reporter: Khoiratul Fitri Syahdia dan Afri Haikil

Editor: Efi Fadhillah

By Genta Andalas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Genta Andalas Universitas Andalas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *