Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Paham Masalah Masyarakat, Kunci Memulai Bisnis

Andreas Senjaya dan moderator saat menyimak dan mencatat pertanyaan dari peserta kuliah umum di Ruang Seminar PKM Lantai 1 Unand, Jumat (20/9/2019).

gentaandalas.com- CEO iGrow, Andreas Senjaya mengatakan bahwa suatu bisnis dapat dimulai dengan melihat permasalahan yang ada pada masyarakat. Hal ini dapat memunculkan ide untuk berwirausaha.

“Untuk menciptakan sebuah bisnis, bukan melihat sesuatu bisnis yang keren, tetapi melihat masalah yang ada di masyarakat,” kata Jaya saat menyampaikan materi kuliah umum tentang kewirausahaan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand, Jumat (20/9/2019).

Menurut Jaya, dunia bisnis begitu penting pada masa kini. Berwirausaha dapat menjadi solusi di tengah lapangan pekerjaan yang semakin sulit.

BACA JUGA:  Polemik BEM KM Unand, DPM KM Unand Rekomendasikan Presma Unand Undur Diri

Mengelola suatu bisnis, lanjut Jaya, harus memiliki strategi. Hal tersebut berkaitan dengan cara berbisnis yang baik dan benar.

“Dalam berbisnis kita harus mempunyai strategi. Pertama, tentukan target pasar. Kedua, mencari masalah yang akan timbul dengan observasi dan ketiga memecahkan masalah dengan solusi,” ujar Jaya.

Kuliah umum bertajuk “Menciptakan Bisnis yang Scalable dengan Karya dan Solusi Kita” membahas pentingnya berwirausaha. Beberapa peserta memberikan tanggapan positif terhadap acara serta materi yang disampaikan.

Mahasiswi Jurusan Sosiologi, Rizki Amelia mengatakan topik yang dibahas pada kuliah umum tersebut memberikan wawasan mengenai bisnis dan wirausaha. “Menurut saya kuliah umum ini sangat baik untuk diikuti dan dalam kegiatan ini kita dapat memperoleh ilmu-ilmu yang tidak dapat di jenjang perkuliahan,” kata Amel.

BACA JUGA:  Aksi Lanjutan Aliansi BEM Sumbar, Gubernur Tandatangani Tuntutan Mahasiswa

Kemudian peserta lainnya, Harnidas dari SMA 1 Batang Anai menjelaskan hal yang senada dengan Amel. Dia juga berharap kuliah umum ini dapat memberikan motivasi untuk berkembang dalam dunia bisnis.

Reporter : Hafiz Al Ma’arij dan Nurlaila

Editor: Anjasman Situmorang

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here