Pencabutan lot oleh para Capresma, Cawapresma, dan CaDPM, Rabu (3/11/2021). (Genta Andalas/ Khoiratul Fitri Syahdia)

Padang, gentaandalas.com- Badan Pemilihan Umum (BPU) beserta Panitia Pemilihan Umum (PPU) melaksanakan pencabutan lot dalam rangka pemilihan calon Presiden Mahasiswa (Capresma), calon Wakil Presiden Mahasiswa (Cawapresma), dan calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (CaDPM) Universitas Andalas (Unand) periode 2021/2022. Acara ini dilaksanakan secara langsung di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa pada Rabu, (3/11/2021).

Ketua BPU  Rantau Taufiqurrahman menjelaskan bahwa seluruh calon yang telah melakukan pendaftaran sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Adapun kriteria tersebut antara lain bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pernah mengikuti organisasi dalam ataupun luar kampus hingga uji kelayakan seperti sholat dan kefasiihan dalam pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

“Terdapat dua pasang Capresma dan Cawapresma serta empat CaDPM yang berhasil lolos ke tahap pemilihan,” ucap Rantau saat diwawancarai Genta Andalas, Rabu (3/11/2021).

Para calon diminta untuk mencabut nomor urut yang nantinya akan  digunakan dalam tahap pemilihan dan kampanye selanjutnya.

Dalam acara pelaksanaan pencabutan lot, para calon diminta untuk mencabut nomor urut secara acak yang nantinya akan digunakan dalam tahap kampanye dan pemilihan.  Kampanye ini berupa kampanye dialogis, monologis serta kampanye akbar yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 24 November mendatang.

Adapun pasangan Capresma dan Cawapresma nomor urut 1 ialah Arsyadi Walady Sinaga dari Fakultas Farmasi dan Aditya Muhammad Farhan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuaan Alam.  Sedangkan pasangan calon nomor urut 2 yaitu Januar Ramadhan dari Fakultas Keperawatan  dan Ilham Dzikhrullah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Untuk CaDPM nomor urut 1 yakni Rioscha Dehan Zannah dari Fakultas Ekonomi sedangkan nomor urut 2 ialah Sa’adilah Fajar Alvi dari Fakultas Peternakan. Selanjutnya, Fakhriatul Ulfa Miladiah dari Fakultas Kedokteran  sebagai nomor urut 3 dan terakhir Melia Andarasti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat  sebagai nomor urut 4.

Rantau berharap dengan terpilihnya Presma dan Wapresma periode 2021/2022 nantinya mampu meningkatkan kinerja dari KM dan DPM Unand.

Perwakilan dari salah satu Capresma dan Cawapresma, Arsyadi Walady Sinaga dan Aditya Muhammad Farhan menjelaskan telah melakukan persiapan yang matang untuk tahap berikutnya. Disisi lain, mereka juga berharap agar pelaksanaan Pemira yang akan datang dapat dilakukan dengan lancar.

“Dalam pelaksanaan  kampanye -kampanye selanjutnya  kami berharap Pemira dapat lebih ekstra dalam menyumbangkan tenaga, waktu dan fikirannya” tutupnya.

 

Reporter: Khoiratul Fitri dan Elvi Rahmawani

Editor: Natasya Salsabilla Festy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here