Beranda Berita

Nobar Debat Cawapres, Tingkatkan Kepedulian Terhadap Pemilu 2019

Beberapa mahasiswa sedang menyaksikan bersama jalannya debat cawapres di kolam PKM Unand, Minggu (17/3/2019). (Foto: Anjasman Situmorang)

gentaandalas.com- BEM KM Unand tingkatkan kepedulian mahasiswa terhadap Pemilu 2019 melalui nonton bareng (nobar) debat ketiga Pilpres 2019, dimana hanya mempertemukan cawapres tanpa didampingi capres yang bertemakan pendidikan, kesehatan ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan, di kolam PKM Unand, Minggu (17/3/2019).

“Dengan adanya nobar ini kita meningkatkan animo Pemilu 2019. Kemudian, rata-rata mahasiswa tidak mempunyai TV di kos. Jadi, kita sediakan wadah untuk mereka,” kata Presiden BEM KM Unand, Ismail Zainuddin saat dimintai keterangan oleh kru Genta Andalas.

Ismail mengatakan, nobar sudah dua kali dilaksanakan dari total tiga debat capres dan cawapres yang telah berlangsung. Sebelumnya, pada debat pertama 17 Januari lalu kondisi Unand yang sedang libur semester menjadi alasan tidak dilaksanakannya nobar. Selanjutnya, pada debat kedua, antusias mahasiswa terlihat dari jumlah peserta yang hadir mencapai 130 orang.

BACA JUGA:  Demi Kemudahan Akses, FKM Unand Pindah ke Limau Manis

Debat ini, menurut Ismail, menjadi petunjuk bagi mahasiswa untuk menilai sekaligus menentukan capres dan cawapres pilihannya.

Nobar ini turut dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Padang, Yusrin Trinanda. Ia menjelaskan, capres dan cawapres, DPD RI, dan partai politik adalah peserta pemilu, sedangkan pihak KPU hanya sebagai fasilitator peserta pemilu tersebut.

“Posisi KPU memfasilitasi untuk berkampanye. Di antaranya kampanye dalam bentuk debat capres dan cawapres,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sistematika Baru Pemilihan Rektor Unand

Terkait dengan kampanye, Yusrin mengatakan, lingkungan kampus dan tempat ibadah dilarang sebagai sasaran kampanye.

Salah seorang penonton, Yolan Mahendra, menanggapi positif nobar debat cawapres ini.

“Kegiatan ini cukup bagus, karena beberapa mahasiswa tidak punya TV di rumah. Jadi, nobar ini sangat membantu,” ujar mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2018 tersebut.

 

Reporter: Anjasman Situmorang

Editor: Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here