Beranda Berita

Nikmati Libur Panjang di Celosia Gunung Medan

Pengunjung sedang mengambil foto di Taman Celosia Gunung Medan. (Foto: Linda)

Oleh : Linda Susanti*

Dua minggu lagi masa liburan akan segera berakhir. Sebelum kembali menjalani rutinitas sebagai mahasiswa, saya menyempatkan diri menikmati masa liburan dengan mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di kampung halaman saya, Dharmasraya.

Dharmasraya terletak di bagian tenggara Provinsi Sumatra Barat, berbatasan langsung dengan dua provinsi lainnya, yaitu Jambi dan Riau. Kabupaten yang berusia 16 tahun ini merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto Sijunjung. Berangkat dari hal inilah, Dharmasraya terus berbenah meningkatkan kualitasnya, baik dari segi sumber daya, perekonomian, hingga potensi pariwisata.

Berbicara tentang pariwisata, empat bulan lalu telah hadir taman bunga di tengah-tengah kabupaten Dharmasraya. Taman bunga ini diberi nama Celosia Gunung Medan atau CGM, terletak di Kenagarian Gunung Medan. Sekitar 21 kilometer dari pusat ibukota kabupaten, Pulau Punjung. Saat ini CGM menjelma menjadi destinasi wisata baru di Dharmasraya.

Cuaca hari ini sedang terik-teriknya, meskipun matahari mulai condong ke arah barat. Namun hal tersebut tidak menghalangi niat saya dan teman saya untuk mengunjungi taman bunga celosia. Jaraknya tidak terlalu jauh dari kediaman saya, hanya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan mobil. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya utama membuat pengunjung mudah menemukan taman ini.

Kami tiba pukul 16.15 WIB, tampak pengunjung sudah mulai memadati taman bunga celosia. Seorang pria paruh baya menghampiri kami dan dengan sigap memandu untuk memarkirkan kendaraan. Tarif parkir tergolong murah, hanya sebesar Rp5.000. Usai memarkirkan kendaraan kami langsung menuju pintu masuk, di sana ada petugas yang menyambut kedatangan kami dengan ramah. Untuk menikmati keindahan bunga celosia, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

CGM tidak hanya menyuguhkan eksotisme bunga celosia yang indah, juga terdapat berbagai spot foto yang cocok untuk kamu yang hobi berswafoto. Di bagian pinggir taman tersedia beberapa ayunan, sehingga pengunjung yang membawa anak bisa mengajak anaknya bermain di sana. Tidak hanya itu, juga terdapat pondokan kecil yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai sambil menikmati hamparan bunga celosia yang menyejukkan mata. Taman ini mampu menjadi obat penat dari segala rutinitas.

Mengelilingi taman bunga di cuaca yang cukup panas tentunya membuat haus dan lapar. Tapi, tidak perlu khawatir karena di CGM ada banyak penjual yang akan melayani kebutuhan lambung. Berbagai jenis minuman dan makanan bisa didapatkan, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.
Matahari semakin mendekati kaki langit, pengunjung pun semakin ramai berdatangan. Warna kuning dan merah celosia berpadu dengan langit jingga semakin menambah nilai keindahan taman celosia. Eksotisme CGM saat sore hari membuat saya semakin betah berada di tengah-tengah taman ini.

Sayangnya, keindahan CGM tercemar karena sampah yang dibuang sembarangan. Seharusnya pengelola menyediakan tempat sampah yang memadai sehingga pengunjung bisa membuang sampah pada tempatnya. Namun, pengunjung ada baiknya menyimpan sampah tersebut jika memang tidak ada tempat sampah. Kemudian, membuangnya ke tempat yang seharusnya, sehingga tempat wisata yang dikunjungi tetap bersih dan nyaman.

Bagi yang sedang berada di Dharmasraya dan bingung mau liburan ke mana, silakan singgah sebentar di taman celosia yang berada di Gunung Medan. Ajak serta keluarga dan teman sejawat, dijamin liburan kalian akan lebih hangat.

*Penulis Merupakan Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here