Beranda Berita Muzammil Hasballah Jelaskan Tips Menghafal Al-Quran

Muzammil Hasballah Jelaskan Tips Menghafal Al-Quran

Muzammil Hasballah sedang memberikan materi tentang Keajaiban Al-Qur’an, di Auditorium Unand, Senin (20/11/2017)

gentaandalas.com- Qori muda asal Aceh, Muzammil Hasballah memeberikan beberapa tips untuk menghafalkan Al-Quran, yaitu harus memastikan bacaan Al-Quran sudah baik dan benar, melakukan pengulangan terhadap hafalan, mencari kelompok menghafal Al-Quran agar termotivasi dalam menghafal, dan hal yang paling penting adalah meninggalkan dosa-dosa yang telah dilakukan.

Selain itu, Muzammil juga mengatakan bahwa cara seseorang dalam memperlakukan Al-Quran menunjukkan kualitas keimanan pada diri seseorang. “Bagaimana kita memperlakukan Al-Quran menunjukkan kualitas keimanan kita,” ujar Muzammil pada Seminar Nasional oleh Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand, di Auditorium Unand, Senin (20/11/17).

Menurut Muzammil, ada tiga tingkatan kita dengan Al-Quran. Pertama, Qiroatul Quran, yaitu kita hanya membaca Al-Quran tanpa ditutuntut memahami makna. Kedua, Tilawatil Quran, yaitu membaca dan memahami Al-Quran untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, Tahfizul Quran, yaitu menjaga Al-Quran sebagai mukjizat.

“Seseorang disebut sebagai ahlul Quran apabila ia istiqomah dan mempraktikkan isi Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Seorang penghafal Al-Quran memperoleh banyak keuntungan, diantaranya bisa mempersembahkan mahkota cahaya untuk dirinya dan orang tuanya. Serta juga bisa membawa sepuluh orang keluarganya yang masuk neraka ke dalam syurga.

Reporter: Nurul Fatimah dan Yashirli Mulyadi

Editor : Rafikha Novita Sari

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here