Beranda Berita

Menuju Hari Pers Nasional, Wartawan Diberikan Pemahaman Lingkungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siti Aisyah saat diwawancarai dalam Seminar Edukasi Lingkungan bagi wartawan di Hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (11/01/2018).

gentaandalas.com- Dalam rangka meyambut Hari Pers Nasional Sumatera Barat 2018  Dinas Lingkungan Hidup memberikan Seminar Edukasi Lingkungan bagi wartawan di Hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (11/01/2018).

Acara ini diresmikan langsung oleh  Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, dan dihadiri 50 wartawan media cetak dan online. Irwan mengatakan bahwa wartawan tidak hanya melempar isu lingkungan ke masyarakat, tetapi perlu pemaparan hingga masyarakat teredukasi.

“Seminar ini sangat penting untuk menyamakan persepsi tentang lingkungan. Setelah paham akan muncul kepedulian, sehingga melahirkan aktivis lingkungan berdasarkan kepedulian dan pemaham lingkungan,” ujar Irwan.

Salah satu narasumber yaitu Indang Dewata, mantan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang, memaparkan UU 32 Tahun 2009 tentang Rencana dan Pengolahan Lingkungan Hidup (RPLH) yang menjadi dasar tentang Lingkungan Hidup. Ia menjelaskan pemanfaatan lingkungan untuk sebuah kepentingan memerlukan pertimbangan Daya Dukung dan Daya Tampung (DDDT) lingkungan hidup.

Selain itu Indang mengatakan pentingnya peran pers dalam pengawasan perkembangan lingkungan hidup. Salah satu contoh melakukan pengawasan dalam proses pembuatan AMDAL dalam mendirikan tempat industri, sehingga dapat dilakukan pencegahan masalah lingkungan sejak dini.

Disisi lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah berharap seminar ini dapat memberikan pembekalan bagi wartawan khususnya mengenai pemahaman tentang lingkungan.

“Dinas lingkungan hidup berharap bisa menjadi mitra untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan dan forum ini bisa menjalankan program yang bisa disinergikan dengan kegiatan kami,” katanya.

Reporter : Syukri R Yoga

Editor      : Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here