Beranda Berita

Mentoring Sebagai Praktikum Mata Kuliah Agama Islam

Maba sedang mengikuti rangkaian kegiatan GOM, Sabtu (1/09/2018). (FOTO : Anggi Putri Rizkya)

gentaandalas.com- Grand Opening Mentoring (GOM) merupakan acara pembukaan mentoring agama Islam yang diadakan oleh Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI) Unand di  auditorium yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru (maba) muslim, Sabtu (1/9/2018).

Acara bertema “Mentoring Melejitkan Pribadi Berakhlak Mulia” memiliki tujuan agar maba mengerti tentang keberadaan dan pentingnya mentoring dalam perkuliahan. Mentoring sebagai praktikum mata kuliah agama Islam memiliki kapasitas nilai sebesar 15% hingga 20%.

Terkait hal ini, salah satu dosen pengampu mata kuliah agama Islam Unand, Lara Agnesta Putri mengharapkan maba untuk mengikuti mentoring setiap minggunya. “Jangan beranggapan bahwa mentoring ini tidak penting, karena mentoring akan mempengaruhi nilai mata kuliah agama mahasiswa,” ujarnya.

BACA JUGA:  Seminar Nasional “Psychological First Aid di Negeri 1001 Potensi Bencana”

Menurut Izharman selaku pembina BPMAI, GOM berguna untuk memacu semangat maba dalam mengikuti kegiatan mentoring nantinya. “Acara ini juga memperkenalkan kepada maba bahwa kegiatan mentoring bukanlah kegiatan ekstrakurikuler, tapi merupakan kegiatan akademik,” ujarnya.

Pelaksanaan mentoring dilakukan dengan cara membagi maba dalam kelompok berdasarkan jurusannya masing-masing. Mentoring dimulai dari tanggal 3 September hingga  tanggal 7 Desember 2018.

Hayatul Izzati  salah satu mentor dalam kegiatan mentoring berpesan kepada maba agar iklhas dalam mengikuti mentoring ini. Menurutnya, kegiatan mentoring dapat menciptakan manusia-manusia yang berpengetahuan dan berakhlak mulia. Bukan hanya sekedar kewajiban, tapi juga meningkatkan kapasitas keimanan seseorang.

BACA JUGA:  Peraturan Baru, Pencairan Dana Bidikmisi Tertunda

Reporter : Anggi Putri Rizkya & Yudellia Wira Permata

Editor : Ivonyla Krisna

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here