Selasa, 19 September 2017

Home » Berita » Mengintip Kondisi Laboratorium Unand

Mengintip Kondisi Laboratorium Unand

18 Desember 2015 - 11:28 WIB Kategori: Berita, Sorotan Kampus 1 Komentar A+ / A- Dilihat: 473 Kali

laborProses perkuliahan mahasiswa di Universitas Andalas (Unand) tidak lepas dari kegiatan praktikum yang dilaksanakan oleh beberapa fakultas. Seperti fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, dan juga Fakultas Teknologi Pertanian. Setiap mahasiswa baru (maba) diharuskan mengikuti praktikum Fisika Dasar di Laboratorium Dasar Fisika Unand. Namun beberapa mahasiswa Unand masih mengeluhkan kendala selama mengikuti praktikum di laboratorium tersebut.

Menurut Nisa, maba yang mengikuti praktikum Fisika dan Kimia Dasar mengeluhkan tentang alat labor yang rusak. “Alat-alat di labor sudah lengkap, namun masih ada alat yang rusak seperti pipet tetes pecah dan pipet gondok yang tidak dapat digunakan lagi,” ungkap mahasisa jurusan Fisika ini.

Menanggapi hal tersebut, ditemui di sela kesibukannya sebagai sebagai Koordinator Umum Laboratorium Dasar Fisika, Hengky Saputra membenarkan adanya alat labor yang rusak. “Seperti multimeter, timbangan digital, termometer digital, catu daya dan lain-lain,” ujarnya.

Mahasiswa Teknik Mesin ini melanjutkan, setiap alat yang rusak sudah dilaporkan ke pihak kampus, namun membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. “Tergantung tingkat kerusakan. Berkurangnya alat mengakibatkan pratikum berlangsung kurang efektif,” imbuhnya.

Selain alat labor yang rusak, Hengky turut menyayangkan minimnya perawatan dan tidak adanya pembaharuan alat labor. “Secara keseluruhan alat labor membutuhkan perawatan karena sifatnya yang sensitif. Saat ini Unand masih banyak menggunakan alat yang bersifat analaog. Seharusnya dengan Akreditasi Unand yang sudah A, alat labor kita sudah berbasis digital,” ungkapnya.

Hal senada dituturkan Gusni Efrita, analis Laboratorium Dasar. “Saat ini kondisi labor cukup baik, namun tidak begitu tampak perubahan dari tahun kemarin. Tidak adanya pembaruan lalat-alat labor,” ujarnya. Selain itu, lama waktu pemesanan alat-alat labor ke luar kota seperti Jakarta juga dinilai lama. Butuh beberapa bulan untuk menunggu barangnya datang.

Hengky menceritakan, tangan-tangan usil pratikkan menjadi salah satu faktor berkurangnya alat pratikum di Laboratorium Dasar Fisika. “Terkadang ada pratikkan yang kedapatan membawa alat pratikum, seperti kabel penghubung listrik dan stopwatch,” tutupnya.

Selain di Laboratoriun Dasar saja, tidaka adanya perbaikan alat-alat pratikum juga dikeluhkan oleh mahasiswa jurusan Teknik Mesin. “Fasilitas laboratorian setiap tahunnya semakin buruk karena tidak adanya kejelasan dana teknis,” ujar Dicki, Koordinator Laboratorium Konversi Energi

Lebih lanjut Dicki menjelaskan bahwa dibutuhkannya dana teknis untuk perbaikan alat dan juga kurang berkompetennya teknisi laboratorium. “Di sini sangat dibutuhkannya teknisi yang berkompeten,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2011 ini.

Senada dengan Dicki, Kepala Laboratorium Konvensi Energi, Benny Dwika Leonanda menjelaskan tidak ada teknisi di laboraturium. “Kita tidak memiliki teknisi atau laboran, hanya dua tahun terakhir ada teknisi fungsional, seharusnya setiap labor memiliki satu tenaga teknisi yang bertanggungjawab atas alat-alat pratikum tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Benny menjelaskan biaya perawatan alat laboratorium yang minim juga menjadi salah satu faktor. “Kita hanya mendapatkan penambahan peralatan, hampir semua labor di Unand tidak ada biaya perawatan, yang ada cuma biaya operasional dan biaya pratikum,” ungkapnya.

Dicki juga menjelaskan pembayaran dana pratikum setiap semester itu tetap, dan seharusnya anggaran setiap labor itu tetap juga, sedangkan mahasiswa tidak mengetahui berapa dana yang seharusnya dipakai apalagi ada mahasiswa yang sudah tidak melakukan pratikum juga tetap membayar uang pratikum per semesternya. (Putri, Tika)

Mengintip Kondisi Laboratorium Unand Reviewed by on . Proses perkuliahan mahasiswa di Universitas Andalas (Unand) tidak lepas dari kegiatan praktikum yang dilaksanakan oleh beberapa fakultas. Seperti fakultas Matem Proses perkuliahan mahasiswa di Universitas Andalas (Unand) tidak lepas dari kegiatan praktikum yang dilaksanakan oleh beberapa fakultas. Seperti fakultas Matem Rating: 0

Permalink : https://wp.me/p52sAd-2P9

Komentar (1)

  • gw

    lebih lengkap kalau repoternya juga mewawancarai pihak dekanat atau rektorat mengenai pengadaan alat atau bahan kimia. padahal setiap semester selalu ada pengajuan pengadaan bahan praktikum atau alat dari analis trkait pada pihak dekanat. trimakasih 🙂

Tinggalkan Komentar

scroll to top