Beranda Berita

Menggali Potensi Diri, FSI Faterna Unand Adakan SELAM bagi Maba

Muhammad Taufik dari Forum Indonesia Muda, saat memberikan materi pada Seruni di Alam (SELAM) yang diadakan oleh Forum Studi Islam (FSI), Fakultas Peternakan (Faterna), Universitas Andalas (Unand), Jumat, (24/8/2018). (Foto: panitia)  

gentaandalas.com- Forum Studi Islam (FSI), Fakultas Peternakan (Faterna), Universitas Andalas (Unand) mengadakan acara Seruni di Alam (SELAM) bagi Mahasiswa Baru (Maba), Faterna dengan tema “Eksplorasi Potensi Diri dengan Karakter Islami”. Kegiatan ini berlangsung sejak Jumat, (24/8/2018) hingga Minggu, (26/8/2018).

Muhammad Taufik dari Forum Indonesia Muda, memberikan materi yang berkaitan dengan Ghazwul Fikri, yang maksudnya perang pemikiran akhir zaman yang terjadi di kalangan mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, Taufik mengatakan bahwa perang pemikiran disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, jauhnya dari Alquran dan sunnah,  meragukan kebenaran,  perpecahan umat, dan taklid atau ikut-ikutan. Sedangkan faktor eksternal meliputi, militansi iblis dan pertempuran hak dan bathil.

Menurutnya, cara menghadapi Ghazwul Fikri dalam konteks mahasiswa adalah niat yang baik, memantapkan skill yang meliputi membaca dan menulis, meningkatkan loyalitas, militansi terhadap agama sendiri, dan istiqomah untuk diri sendiri.

Dafiq Naskar, selaku Ketua Panitia SELAM menuturkan, bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk mengeksplorasi kembali karakter dan potensi Maba, supaya dapat menampilkan skillnya. “Target utama acara ini adalah Maba tahun 2018, Fakultas Peternakan, namun tidak menutup kemungkinan bagi rekan-rekan angkatan sebelumnya yang masih ingin menjadi peserta dari acara ini,” ujarnya.

Melalui acara ini, Dafiq berharap Maba dengan karakter yang masih berjiwa anak sekolah bisa lebih mengenal pribadinya sendiri yang lebih baik dan menyadari perannya sebagai mahasiswa serta mengenal karakter islami. Selain itu, dengan mengenal karakter islami pada diri mahasiswa baru ini diharapkan memunculkan hasil yang terbaik serta mendapat rahmat dan amal jariyah.

Rukaiza Aini, salah satu peserta, mengatakan acara ini sangat menarik dan bagus diikuti oleh Maba. “Dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan serta pengalaman baru bagi Maba, dan saya semakin termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi ke depannya, khususnya dalam hal agama” ujarnya.

Reporter : Nadya Satya Dilova dan Tiwi Veronika

Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here