Mengenalkan Hukum dan Politik, UKM PHP Gelar Lapak Baca di Masa Pandemi Covid-19

Padang, gentaandalas.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengenalan Hukum dan Politik (PHP) Universitas Andalas (Unand) menggelar aksi sosial di kawasan Sendik Pasar Baru. Lapak baca ini sebagai gerakan sosialiasi dalam upaya mewujudkan masyarakat. ini dilakukkan di ruang publik terbuka dengan sarana diatas tikar yang dibuka setiap akhir pekan mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

Lapak baca ini merupakan kegiatan rutinitas yang diadakan oleh UKM PHP, yang sebelumnya sudah diadakan sejak sebelum pandemi Covid-19 di Tugu Gempa. “Tujuan yang pertama ingin memberikan kecerdasan terhadap pendidikan hukum dan politik. Peningkatan literasi Indonesia, fakta nya mungkin tahu bahwa Indonesia merupakan urutan kedua dari bawah literasi dunia yang mana minat baca masyarakat masih tergolong rendah. Makanya berinisiatif untuk mengadakan lapak baca. Yang ingin baca buku kan tidak hanya di perpustakaan dimana saja bisa. Ini pun cuma-cuma dan tidak dipungut biaya,” Ungkap M. Deny Farel Pratama Sekjen UKM PHP Unand kepada Genta Andalas via telepon, Sabbtu (20/2/2021).

UKM PHP telah menerapkan protokol kesehatan dalam pembukaan lapak baca ini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. “Dilapak baca telah disediakan hand sanitizer dan harus menggunakan masker,” kata Deny.

Mahasiswa Jurusan Peternakan, Fahmi Ariansyah mengatakan bahwa adanya lapak baca ini mendorong mahasiswa terutama yang gemar berkumpul dinarea Sendik untuk membaca. “Menurut saya pribadi, ini sangat bermanfaat sekali untuk warga sekitarnya, terlebih bagi teman teman mahasiswa yg sering nongkrong, jadi waktunya bukan hanya sekedar habis untuk nongkrong,” kata Fahmi.

Reporter: Fadilatul Husni dan Ade Selvia
Editor: Efi Fadhillah

By Genta Andalas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Genta Andalas Universitas Andalas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *