Beranda Berita

Mansyurdin Tegaskan Pendapatan Dana PTN-BH Bukan dari Mahasiswa

Ketua Persiapan PTN-BH Unand, Mansyurdin. (Foto: Arsip Genta Andalas).

gentaandalas.com- Ketua Persiapan Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH) Unand, Mansyurdin mengatakan bahwa kenaikan UKT mahasiswa ketika sudah berstatus PTN-BH ditentukan oleh sistem yang diterapkan rektor. Dia menegaskan bahwa pendapatan dana Unand nantinya bukan bersumber dari mahasiswa. Hal itu disampaikannya dalam diskusi Coffee Morning di Ruang Sidang Pimpinan Unand, Selasa (17/9/2019).

Perguruan tinggi yang menyandang status PTN-BH harus mampu untuk menggalang dana selain dari biaya pendidikan dari mahasiswa. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2014 Pasal 2 ayat 4 poin C.

Mansyurdin mengatakan saat ini Unand telah merancang usaha yang akan dimaksimalkan penggunaannya nanti untuk meningkatkan pendapatan, mulai dari Rumah Sakit Unand, percetakan Unand, rusunawa dan hotel, peternakan ayam, serta unit usaha lainnya.

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unand, Tafdil Husni menjelaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) berasal dari Biaya Kuliah Tunggal (BKT) mahasiswa. “Biaya ini  telah diperhitungkan sejak zaman Rektor Werry Darta Taifur pada tahun 2012. Dana dihitung mulai dari mahasiswa masuk hingga tamat dari Unand, dan itu sudah menimbang kondisi ekonomi masyarakat juga,” kata Tafdil

Saat ini biaya pendidikan mahasiswa jalur mandiri mengalami kenaikan. Namun hal itu, kata Tafdil tetap berdasarkan aturan yang berlaku. “Kalaupun ada kenaikan pada UKT mandiri, itu ada aturannya. Ada aturan maksimal kenaikannya. Unand tidak bisa semena-mena saja menaikkannya,” ujar Tafdil.

BACA JUGA:  Kenalkan Peternakan, Faterna Unand Kembali Adakan Cowboy Fair

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Rektor II Unand Syafrizal mengatakan bahwa pihak keuangan Unand sudah pernah mengadakan audiensi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa sebanyak 5 kali mengenai UKT. Menurutnya, taraf UKT di Unand saat ini tidak ada masalah. “Unand sudah dapat surat dari Ombudsman kalau UKT di Unand sudah aman, tidak ada masalah,” kata Syafrizal.

Reporter : Vivi Oktaviani dan Zurriati Fadilla

Editor: Anjasman Situmorang

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here