Beranda Berita

Mansyurdin Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Status PTN-BH

Sosialisasi mengenai rencana perubahan status Unand menjadi PTN-BH di Ruang Sidang Senat Rektorat Unand, Rabu (14/8/2019).

gentaandalas.com- Ketua Persiapan Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH) Unand, Mansyurdin menjelaskan beberapa kelebihan suatu perguruan tinggi ketika menyandang status PTN-BH. Namun disisi lain status tersebut juga memiliki kekurangan.

“Kelebihan PTN-BH ini kewenangan membuka dan menutup prodi, kewenangan untuk mengatur keuangan sendiri, kewenangan mengatur pola remunerasi sendiri, membentuk badan usaha sendiri, membuka badan hukum usaha, dan menyusun Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) organ di bawah rektor,” kata Mansyurdin saat penyampaian sosialisasi terkait PTN-BH di Ruang Sidang Senat Rektorat Unand, Rabu (14/8/2019).

Selain sisi positif, lanjut Mansyurdin PTN-BH juga memiliki sisi negatif, seperti pajak penghasilan progresif, pembiayaan SDM mandiri, pembiayaan organ baru, pembuatan produk hukum baru, dan tunjangan kinerja tenaga kependidikan (tendik).

BACA JUGA:  Terkendala Akreditasi Prodi, Unand Optimis PTN-BH

Mansyurdin mengatakan bahwa program PTN-BH bukanlah keinginan universitas melainkan atas prakarsa menteri. Prosedur perubahan PTN Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN-BH ini dimulai dari prakarsa menteri, kelengkapan dokumen perguruan tinggi, dan melakukan evaluasi kinerja PTN menjadi PTN-BH oleh tim independen (Menristekdikti).

Saat ini Unand berada pada tahap melengkapi dokumen meliputi evaluasi diri, rancangan program jangka panjang, statuta, dan masa peralihan. Mansyurdin berharap setelah menjadi PTN BH, Unand mampu ke lingkup internasional dan  menjadi world class university.

Belakangan ini PTN-BH sering dikaitkan dengan komersialisasi pendidikan. Pada kesempatan yang sama Rektor Unand, Tafdil Husni menegaskan bahwa komersialisasi PTN-BH bukanlah dari mahasiswa.

BACA JUGA:  Maba Unand Lakukan Aktivasi Anggota Pustaka

“Kita bisa buka perusahaan, komersialisasinya dari sana, bukan dari mahasiswa,” ujar Tafdil.

Sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi dan dukungan dari semua pihak terhadap rencana perubahan status Unand menjadi PTN-BH. Sosialisasi ini dihadiri oleh dosen, tendik, dan mahasiswa.

Reporter: Suhada Tri Marneli dan Linda Susanti

Editor: Anjasman Situmorang

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here