Beranda Berita

Manfaatkan Teknologi untuk Kebutuhan

Ahli komunikasi Agus Sudibyo dalam diskusi literasi media di Pangeran Beach Hotel, Jumat (26/1/2018).

 gentaandalas.com- Menurut para ahli, manusia modern baru sehat secara mental kalau bisa menahan diri menggunakan smartphone dan internet tidak lebih dari 2 jam 45 menit sehari. Jika bisa melakukan itu, berarti orang tersebut bisa dikatakan sehat. Kalau lebih dari itu, maka orang tertentu bisa mengalami syndrome atau kecanduan digital.

“Kita harus tau berapa jam dalam sehari menggunakan internet, jangan lebih banyak digunakan untuk bermain, sebaiknya untuk belajar,” kata ahli komunikasi Agus Sudibyo dalam diskusi literasi media di Pangeran Beach Hotel, Jumat (26/1/2018).

Jangan sampai teknologi menguasai manusia, kata Agus, seharusnya manusialah yang menguasai teknologi. Tidak semestinya seorang manusia mudah lupa waktu hanya karena handphone. Sehingga tidak khusyuk melakukan aktivitas apapun.

Agus menyampaikan media sosial sebagai digital citizenship atau kewargaan digital yang seharusnya digunakan untuk memupuk semangat solidaritas dan empati terhadap sesama manusia untuk tidak membully orang lain.

“Jangan sampai mengalami digital autism. Belajar bersama, tetapi malah asyik dengan digitalnya masing-masing,” katanya.

Agus mengajak generasi muda saat ini harus bijaksana dan kreatif menggunakan internet dan menguasai teknologi untuk mengambil sifat baiknya.

Reporter : Juni Fitra Yenti dan Qudwatun Nisa

Editor     : Endrik Ahmad Iqbal

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here