Salah seorang pengunjung yang mencoba inovasi tinta organik dari gambir pada acara Dies Natalis UNAND di Convention Hall UNAND pada Rabu (13/09/2023). (Genta Andalas/Atika Liutami Sadri)

Padang, gentaandalas.com- Universitas Andalas (UNAND) lakukan inovasi produk olahan gambir menjadi tinta yang akan digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Andalas (UNAND) ke-67, diadakan juga peluncuran pengiriman bahan baku tinta Pemilu 2024 oleh Rektor UNAND Yuliandri dan Direktur PT Kudo Indonesia Jaya (KIJ) Eko Santiko di Convention Hall UNAND pada Jumat (14/9/2023).

Dosen Jurusan Farmasi UNAND sekaligus penemu inovasi tinta gambir, Amri Bakhtiar, menyebut bahwa tinta yang berbahan dasar gambir ini merupakan tinta organik yang ramah lingkungan dan aman untuk kulit.

“Tinta pemilu ini memanfaatkan tanaman gambir yang menjadi salah satu komoditi di Sumatra Barat. Produk ini juga telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. Tinta berbahan baku gambir ini ramah lingkungan, halal, dan tahan lama” ujar Amri, Jumat  (14/9/2023).

Lebih lanjut, Rektor UNAND Yuliandri menyebut bahwa tinta hasil inovasi dari UNAND akan digunakan di 35 provinsi di Indonesia, dengan total 981 ribu botol yang akan tersebar ke enam zona Tempat Pemungutan Suara (TPS) selama pemilu serentak berlangsung.

“Setelah PTN BH, salah satu fokus yang dikembangkan UNAND adalah menjadi universitas riset. Diharapkan dengan adanya inovasi gambir ini, akan ada banyak inovasi UNAND lainnya. Bisa saja olahan tinta organik dari gambir ini akan terus berkembang menjadi tinta  printer, tinta spidol, dan sebagainya,” harap Yuliandri.

Reporter: Atika Liutami Sadri dan Fatiza Khaira

Editor: Bilqis Zehira Ramadhanti Ishak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here