Beranda Berita

Mahasiswa Unand Dapat Beasiswa dari IZI

Direktur Pemberdayaan IZI, Nana Sugiana saat memasangkan pin beasiswa Tahfidz Mahasiswa IZI di Ruang Seminar E Unand, Rabu (21/8/2019). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)

gentaandalas.com- Sepuluh orang mahasiswa Universitas Andalas (Unand) mendapatkan beasiswa Tahfidz Mahasiswa yang diberikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) melalui Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) di Ruang Seminar E Unand, Rabu (21/8/2019).

Direktur Pemberdayaan IZI, Nana Sugiana menuturkan, beasiswa Tahfidz Mahasiswa ini merupakan salah satu program pemberdayaan dari IZI.

”Sudah ada 17 kampus yang mendapatkan beasiswa Tahfidz Mahasiswa, diantaranya Unand, IPB, UNDIP, UNAIR, Unhas, UNSRI, UGM, UNY, UIN SUSKA, UMSU, ITK Balikpapan, STT Migas Balikpapan dan beberapa kampus lainnya,” tutur Nana.

Salah satu syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa, lanjut Nana, mahasiswa harus hafal minimal satu juz Al-Quran untuk seluruh kampus yang mendapatkan beasiswa tahfidz.

“Kecuali Unhas, pihak kampusnya menetapkan harus hafal minimal empat juz Al-Quran,” tambah Nana.

Nana menyebutkan, penerima beasiswa dari Unand terdiri dari putra dan putri, namun di kampus lain hanya diberikan bagi putra saja. Semua mahasiswa penerima beasiswa mendapatkan fasilitas yang sama, yaitu berupa uang bulanan sebesar kurang lebih Rp.500.000 sampai Rp.600.000, tanggungan tempat tinggal (asrama-red), serta pembinaan. Namun untuk putri, Nana menyampaikan masih belum bisa tinggal di asrama IZI, karena asrama IZI yang tersedia hanya untuk putra.

BACA JUGA:  Dana Bidikimisi Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Diminta Menunggu

Terakhir, tujuan utama beasiswa IZI yang diungkapkan Nana adalah untuk membantu mahasiswa yang pintar dan berakhlak baik.

“Tujuan beasiswa ini untuk membantu mahasiswa yang pintar dan berakhlak baik, karena di asrama nanti akan ada kakak pembimbing yang membina mereka,” ungkap Nana.

Mengenai beasiswa, salah seorang penerima beasiswa dari Jurusan Matematika, Fakultas MIPA angkatan 2015, Suci Annisa menanggapi bahwa ia mendukung kegiatan ini sebagai jembatan untuk lebih dekat dengan Al-Quran. Ia juga mengatakan akan menghafal lebih dari target minimal yang diberikan oleh pengurus IZI.

“Alhamdulillah saya lulus sebagai salah satu penerima beasiswa. Beasiswa ini nantinya akan menjadi jalan tol bagi saya untuk menghafal Al-Quran, dan pengurus memberikan target hafalan dua juz selama masa pembinaan. Insya Allah saya akan menghafal lebih dari target,” kata Suci.

Senada dengan Suci, mahasiswa Jurusan Kimia, Fakultas MIPA angkatan 2015 Laila Afriska berharap agar beasiswa IZI ini dapat memotivasi mahasiswa Unand untuk menghafal Al-Quran.

“Harapan saya, beasiswa ini dapat memotivasi mahasiswa Unand untuk semangat menghafal Al-Quran, karena sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya,” harap Laila.

Reporter : Gefi Zulmiati Lannur dan Anggi Putri Rizkya

Editor : Nurul Pratiwi

 

Pilihan Editor

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here