Beranda Berita

Mahasiswa Teknik Sipil Keluhkan Larangan Aktivitas Malam

Tampak kilas kegiatan di Jurusan Teknik Sipil pada siang hari (Foto : Rival Lidra)

gentaandalas.com- Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas (Unand) baru-baru ini memberlakukan kebijakan larangan beraktivitas malam di kampus. Pihak jurusan hanya mengizinkan kegiatan di kampus sampai pukul 18.00 WIB. Diberlakukannya kebijakan ini dinilai berpengaruh pada kegiatan mahasiswa.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, Wimar Kautsar menyampaikan kebijakan tersebut mengganggu beberapa kegiatan mahasiswa. Salah satunya seperti upgrading pada masing-masing labor untuk menambah kemampuan asisten dan kegiatan asistensi.

“Saya pikir pihak jurusan memiliki alasan untuk memberlakukan kebijakan tersebut. Salah satu diantaranya yaitu laporan dari beberapa orang tua mahasiswa yang beranggapan aktivitas kampus di malam hari dinilai mengganggu sebagian mahasiswa,” ujar Wimar saat diwawancarai, Selasa (6/3/2018).

Menurutnya, yang menjadi permasalahan sekarang adalah kebijakan itu baru dikeluarkan dan langsung diberlakukan. Selain itu, kata Wirman, kebijakan ini kurang sosialisasi kepada mahasiswa. Hal tersebut membuat banyaknya kegiatan mahasiswa menjadi terbatas kata Wimar.

Selain itu, mahasiswa tahun akhir merasa kesulitan dalam penelitian, karena penelitian baru bisa dilakukan malam hari setelah selesai praktikum. Mahasiswa yang akan penelitian malam hari harus mengantongi izin terlebih dahulu dari pihak kampus.

“Aturan ini tidak masalah diberlakukan, namun ada beberapa toleransi yang harus diberikan kepada mahasiswa,” katanya.

Dampak kebijakan ini sudah dirasakan langsung oleh Muhammad Ihsan. Sebagai Koordinator Asisten Laboratorium Transport, ia merasa sedikit kesulitan untuk menyesuaikan waktu dengan praktikum yang akan dilakukan.

Jadwal praktikum yang biasanya selesai paling cepat jam 7 malam, kata Ihsan, sekarang harus selesai pada pukul 18.00 WIB. Ihsan menilai kebijakan ini perlu ditinjau ulang, karena bisa mengganggu semua aktivitas labor dan kegiatan praktikum juga tidak berjalan maksimal.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Dori Sukma Agus menyampaikan bahwa berkegiatan malam di kampus memiliki banyak manfaat. Diantaranya asisten labor bisa saling berkoordinasi mengenai jadwal masing-masing labor, agar tidak terjadi bentrok antara labor yang satu dengan yang lainnya. Berkegiatan malam, kata Dori, merupakan salah satu sarana diskusi antara senior dengan junior.

Reporter : Muhammad Ilham RF dan Rival Lidra
Editor : Rafikha Novita Sari

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here