Beranda Berita

Mahasiswa Sumbar Gagal Sampaikan Aspirasi Pada Presiden Jokowi

Mahasiswa melakukan aksi menyambut kedatangan Jokowi di sekitar Jalan Khatib Sulaiman, Kamis, (8/2/2018).

gentaandalas.com- Aliansi mahasiswa se-Sumatera Barat (Sumbar) melakukan aksi menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan suara dan hak mahasiswa. Aksi ini diikuti oleh beberapa universitas di Sumbar diantaranya, BEM KM Unand, STKIP Adzkia Padang, Universitas Dharma Andalas, dan AKBP-STIE KBP Padang di sekitar Jalan Khatib Sulaiman, Kamis (8/2/2018).

Massa yang hadir menyampaikan suara mereka diantaranya menuntut adanya koordinasi antara instansi pemerintahan sehingga tidak merugikan rakyat, melakukan pemutakhiran data di bidang pertanian sehingga kebijakan yang dikeluarkan lebih valid, menolak kekerasan terhadap ulama dan menuntut lembaga yang berwajib mengusut tuntas kasus penganiayaan serta pembunuhan ulama. Kemudian merevisi undang-undang migas mengenai penyetaraan BUMN dan swasta serta mengambil alih pengelolaan migas nasional yang masih produktif, dan merealisasikan janji Jokowi-JK mengenai kedaulatan energi.

BACA JUGA:  Boom Sastra Acara Band Rock Se-Sumatera

Presiden BEM Unand Faizil Putra mengatakan aksi dimulai dari AKBP-STIE KBP Padang menuju Basko Hotel sambil menyuarakan aspirasi, namun ketika sampai di depan Transmart Padang aksi ini dihalangi oleh aparat kepolisian.

“Padahal kami sudah mengikuti aturan, memasukan surat izin, mengantisipasti terjadinya bentrok, tapi tetap saja tidak boleh,” Ujar Faizil.

Faizil menyayangkan aksi ini tidak sempat didengar presiden secara langsung, karena presiden sedang tidak berada di kota Padang. Meski demikian Faizil tetap berharap agar aspirasi tuntutan ini bisa terealisasikan.

BACA JUGA:  Boom Sastra Acara Band Rock Se-Sumatera

Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan aksi dihentikan, karena dianggap mengganggu kelancaran dan kenyamanan Hari Pers Nasional, sebab Sumbar menjadi tuan rumah dalam acara ini.

“Momennya tidak tepat, karena ini Hari Pers Nasional dan kami banyak mengundang pejabat. Terlebih pemberitahuannya juga mendadak ,” kata Aziz.

Reporter : Ivonyla Krisna

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here