Beranda Berita

Mahasiswa KKN Tematik Revolusi Mental Lakukan Sosialisasi Sisnag untuk Nagari

Salah seorang mahasiswa KKN Tematik Revolusi Mental saat menjelaskan cara kerja Sisnag di Kantor Wali Nagari Bonjol, Kabupaten Dharmasraya, Senin (5/8/2019). (Foto: Nisa Ulfikriah)

gentaandalas.com- Mahasiswa KKN Tematik Revolusi Mental melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai Sistem Informasi Nagari (Sisnag) di Kantor Wali Nagari Bonjol, Kabupaten Dharmasraya dengan tema “Menuju Nagari 4.0 di Ranah Minang”, Senin (5/8/2019).

Sisnag merupakan sebuah situs web yang disediakan oleh UPT KKN Unand dan diberikan secara gratis kepada nagari yang dapat diakses oleh perangkat nagari dan masyarakat. Ketua Pelaksana Sosialisasi dan Pelatihan Sisnag Thasya Lara Suci mengatakan, situs web  ini dapat digunakan oleh nagari untuk menghimpun data-data yang berkaitan dengan kenagarian.

“Sisnag mencakup banyak menu data kenagarian seperti data kependudukan, inventaris, serta berita terbaru mengenai nagari,” kata Thasya.

BACA JUGA:  Semarak Kegiatan BAKTI Unand 2019

Menurut Thasya, untuk keamanan situs web, UPT KKN Unand sudah membagi level admin menjadi super admin, admin, dan user. Super admin Sisnag sendiri dipegang oleh tim IT UPT KKN Unand. Sementara admin adalah pengguna yang mengelola, menambah, ataupun mengubah informasi nagari, dan user adalah pengguna yang hanya bisa melihat informasi yang telah dimasukkan ke dalam Sisnag.

“Untuk keamanan informasi, itu tergantung bagaimana nagari mengelola situs web tersebut. Kalau nagari menerapkan hanya orang tertentu yang bisa mengakses atau menjadi adminnya, berarti bisa aman. Jangan sampai password disebarluaskan,” tambahnya.

BACA JUGA:  Menuju AUN-QA 2020, FH Unand Gencar Lakukan Persiapan

Salah satu peserta sosialisasi dan pelatihan Vevi Yusna Safitri menuturkan, sosialisasi dan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan Nagari Bonjol kepada khalayak.

“Pelatihan yang diberikan sangat mudah dipahami. Saya berharap, dengan adanya situs web ini Nagari Bonjol lebih dikenal oleh orang lain, karena selama ini belum banyak orang yang  tahu mengenai Nagari Bonjol,” tuturnya.

Reporter: Nisa Ulfikriah dan Qudwatun Nisaa

Editor: Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here