Mahasiswa Bisa Ambil KIP Mulai Hari Ini dari Bank Terdekat

KIP Kuliah 2020
Kegiatan distribusi buku rekening KIP Kuliah 2020 di Gedung PKM, Senin (21/12/2020) (Gentaandalas/Suhada)
KIP Kuliah 2020
Kegiatan distribusi buku rekening KIP Kuliah 2020 di Gedung PKM, Senin (21/12/2020) (Gentaandalas/Suhada)

Padang, gentaandalas.com – Hari ini, Bank Mandiri mendistribusikan rekening KIP kuliah di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Andalas (Unand). Tak hanya di Unand, penerima KIP yang berdomisili di daerah lain juga dapat memperoleh buku tabungan di Bank Mandiri terdekat sesuai daerah tempat tinggal mahasiswa.

Pendistribusian ini diharapkan mampu mempermudah akses mahasiswa dalam memperoleh kartu ATM serta buku tabungan yang diterima melalui Bank Mandiri. Kabag Kemahasiswaan Yusdial mengatakan bahwa untuk menghindari kerumunan, pihak Bank dan kampus membatasi hanya melayani seratus nasabah penerima KIP per harinya.

“Tapi banyak juga yang ramai-ramai datang ke sini. Sebenarnya kita sudah mengatur, hari ini ke sini hanya untuk seratus orang,” ujar Yusdial saat diwawancarai Genta Andalas, Senin (21/12/20).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa dari luar Kota Padang. Namun, ia mengatakan kampus masih melayani seluruh penerima KIP tersebut, asal tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kita melihat situasi, selagi adek-adek (mahasiswa) ini bisa disiplin, akan kita tambah jamnya nanti, asal tidak bergerombolan,” ujar Yusdial.

Kegiatan ini akan dituntaskan sampai selesai, tanpa batasan waktu yang pasti. Yusdial melanjutkan, akan ada kemungkinan kegiatan ini ditutup, jika para mahasiswa tidak mematuhi protokol kesehatan. “Tapi kalau ndak bisa disiplin, hari ini kita tutup,” katanya.

Akan ada prosedur tertentu bagi penerima KIP yang memgambil di bank Mandiri terdekat untuk menerima kartu serta buku tabungan. Sedangkan mengenai dana bantuan, seluruh penerima KIP yang telah mengambil kartu dan buku tabungan bisa langsung mengambil dana bantuan sebanyak selama lima bulan.

“Yang bulan kelima keluarnya, jadi langsung lima bulan. Januari bisa keluar satu bulan lagi, lengkap enam bulan,” ujarnya.

Penerima KIP kuliah sudah bisa mengambil uangnya jika telah mengambil kartu rekening. Mengenai dana bantuan, Yusdial menegaskan bantuan biaya pendidikan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

“Dana ini dikeluarkan satu kali dalam satu semester, misalkan diterima pada bulan kelima, maka langsung diperoleh jumlah total bantuan selama lima bulan. Tidak ada istilah terlambat,” tegas Yusdial.

Yusdial mengatakan prosedur tersebut merupakan bentuk kontrak kerja dengan Kemendikbud. Format itu disiapkan oleh Kemdikbud. Selanjutnya, terdapat kontrak antara kampus dengan mahasiswa.

“Jadi mahasiswa harus segera menyiapkan perjanjiannya dengan orang prodinya, nanti diserahkan ke sini. Kalau tidak menyelesaikan perjanjiannya untuk semester selanjutnya, nanti bisa bermasalah” terangnya.

Novi Anisa, mahasiswi baru dari jurusan manajemen asal Kabupaten Solok mengaku sengaja langsung ke Unand untuk memperoleh KIP. Ini ia lakukan sekaligus mengurus Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). “Supaya enggak kerja dua kali, misalnya kalau ngurus di kantor cabang nanti ngurus ATM-nya juga di sini,” ujarnya.

Novi menambahkan, syarat yang diperlukan antara lain: KTP asli dan fotokopi, Kartu Keluarga, KTM atau KRS, aplikasi pembukaan rekening Bank Mandiri, serta surat kuasa. Menurutnya, prosedur penerimaan buku tabungan dan KIP cukup mudah. “Mudah, soalnya gaada yang ribet sih menurut aku,” katanya.

Senada dengan Novi, Dewi Arianti, mahasiswi jurusan Agroteknologi asal Solok Selatan juga mengaku sengaja menuju Padang untuk mengurus bantuan KIP agar langsung bisa mengambil KTM. Menurutnya kegiatan ini telah mengikuti Protokol Kesehatan. Namun, lain halnya dengan kerumunan orang di luar gedung kegiatan. Menurutnya mungkin kerumunan terjadi karena bertemu dengan teman-teman dari daerah yang sama.

Reporter : Suhada Tri Marneli dan Natasya Salsabilla Festy

Editor: Rahmadina Firdaus

By Genta Andalas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Genta Andalas Universitas Andalas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *