Beranda Berita

Maba SNMPTN 2019 Ikuti Wawasan Kebangsaan

Beberapa mahasiswa baru SNMPTN 2019 melakukan kegiatan outdoor Wawasan Kebangsaan di halaman depan Convention Hall Unand, Rabu (22/5/2019). (Foto: Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Sejumlah mahasiswa baru (Maba) SNMPTN 2019 mengikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan di Convention Hall dan lingkungan kampus Unand, Rabu (22/5/2019).

Jumlah maba yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 1.650 orang dan sebanyak 825 orang per harinya mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, maba dibagi menjadi beberapa kelompok dengan sistem acak untuk setiap fakultas. Hal ini bertujuan agar mereka saling mengenal sama lain.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan terdiri dari kegiatan indoor dan outdoor. Kegiatan indoor berupa pemberian materi mengenai penyalahgunaan narkoba dan seks bebas, sedangkan kegiatan outdoor berupa kegiatan outbond yag terdiri dari beberapa games pada tujuh pos yang tersebar di lingkungan kampus. Outbond ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, bekerjasama, serta menyelesaikan masalah atau solusi secara bergotong royong.

Koordinator Lapangan Wawasan Kebangsaan Mayor Infantri Agus Praminto mengatakan, walaupun kegiatan dilakukan dalam bulan suci Ramadhan, hal itu tidak menjadi penghambat berjalannya kegiatan outbond.

Hambatannya sekarang adalah kondisi cuaca yang tidak mendukung, sehingga tidak semua mahasiswa dapat mengikuti games yang diberikan,” katanya.

Mayor Agus berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan maba punya keinginan untuk membela negara. Selain itu, semoga ilmu yang dibekali dapat berguna bagi maba yang kebanyakan berasal dari luar provinsi dan luar Kota Padang.

Salah seorang maba Jurusan Akuntansi, Melani mengungkapkan sangat termotivasi dengan adanya kegiatan ini.

“Walaupun sedikit melelahkan, tapi kegiatan ini kalau dijalani juga seru,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh maba Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fadhilla Hayyuni. Ia merasa sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, mulai dari diberikannya materi mengenai penyalahgunaan narkoba, sampai adanya games yang seru.

Reporter : Gifra Sentia dan Rahmat Fiqri

Editor : Nurul Pratiwi

 

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here