Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Maba SBMPTN Unand 2019 Lakukan MCU

Salah seorang mahasiswa baru sedang melakukan pengambilan sampel darah di RSP Unand, Selasa (16/4/2019). (Foto: Ramadanil Fajri)

gentaandalas.com- Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Andalas (Unand) jalur SBMPTN melakukan Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unand pada 12-17 Juli 2019. Untuk pemeriksaan kesehatan setiap fakultas berbeda. Maba Fakultas ISIP, Ilmu Budaya, dan Kedokteran Gigi melakukan pemeriksaan kesehatan pada 12 Juli mencapai 500 orang. Putri Yuriandini selaku ketua pelaksana MCU mengatakan MCU dibagi dua shift yang berakhir pada pukul empat sore.

“Jumlah Maba yang akan MCU sekitar 500 orang jika semua mahasiswa dari fakultas terkait hadir, dan mungkin akan molor sampai pukul lima,” kata Putri Yuriandini saat diwawancarai di RSU Unand, pada Jumat (12/07/2019).

BACA JUGA:  Kenalkan Peternakan, Faterna Unand Kembali Adakan Cowboy Fair

MCU yang difasilitasi oleh RSP Unand mewajibkan Maba untuk menyediakan uang registrasi sebesar Rp 235.000 untuk Soshum dan Rp 250.000 untuk Saintek. Perbedaan biaya ini karena penambahan tes buta warna untuk prodi Saintek.

Putri Yuriandini menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan jalur SBMPTN tidak jauh berbeda dengan jalur SNMPTN. Pemeriksaan kesehatan yang diawali dengan periksa tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan Urine dan tes HIV. Di akhiri dengan pemeriksaan dari dokter gigi dan test buta warna bagi fakultas Saintek.

Beberapa mahasiswa baru mengaku kesusahan dengan jadwal MCU yang mepet dan sempat berubah. Fijri salah seorang Maba dari Jurusan Ilmu Sejarah mengaku mengalami kesusahan terkait jadwal yang beredar,

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

“Awalnya dapat info tes kesehatan pada 15 Juli dan dimajukan pada 12 Juli, jadi sedikit kerepotan dalam melengkapi berkasnya,” ujar Fijri.

Terkait Maba yang belum melaksanakan tes kesehatan karena berada di luar Sumbar, Putri menuturkan bahwa Unand menyediakan tes susulan pada hari terakhir tes kesehatan.

“Kita membuka jadwal susulan di hari terakhir, jika masih menumpuk di hari terakhir maka ditambah lagi satu hari” tutur Putri.

Reporter : Geliz Luh Titisari dan Efi Fadhila

Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here