Beranda Berita

Maba Kampus 3 Unand Lanjutkan Semester Genap di Limau Manis

gentaandalas.com- Mahasiswa kampus 3 Universitas Andalas (Unand) angkatan 2018 tetap melanjutkan perkuliahan semester genap di kampus Limau Manis, Padang.

Dekan Fakultas Pertanian Unand, Munzir Busniah, mengatakan ada beberapa penyebab dilanjutkannya perkuliahan mahasiswa kampus 3 Unand angkatan 2018 di Limau Manis, seperti sarana dan prasarana di kampus 3 yang masih minim. Hal ini disampaikannya saat diwawancarai oleh kru Genta Andalas di Fakultas Pertanian Unand, Senin (3/12/2018).

Hal ini bermula dari terhentinya dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dharmasraya beberapa tahun terakhir dan berdampak kepada proses belajar mengajar yang ada di sana, seperti kurangnya ruang kuliah, ruang praktikum, ruang percobaan, dan lainnya, sehingga Dekan FP Unand memutuskan untuk melakukan proses pembelajaran bagi mahasiswa baru 2018 kampus 3 Dharmasraya sementara dilaksanakan di kampus 1 Limau Manis.

“Karena sampai saat ini belum ada juga dukungan, maka kita memutuskan mahasiswa baru kampus 3 angkatan 2018 untuk berkuliah di kampus 1 Limau Manis,” kata Munzir.

BACA JUGA:  UKO Unand Adakan Turnamen Sepak Takraw Antar Mahasiswa se-Sumatera Barat

Kemudian, Munzir mengungkapkan, jika tidak adanya bantuan dari pemerintah hingga tahun 2019, pihak fakultas dan Unand bisa saja akan menghentikan sementara penerimaan mahasiswa baru untuk kampus 3 Unand.

Ketua jurusan Agroekoteknologi kampus 3 Dharmasraya, Yaherwandi, mengungkapkan bahwa selain minimnya fasilitas seperti labor dan ruang praktikum di kampus 3 Dharmasraya, jumlah dosen di sana juga masih kurang dan masih banyaknya mata kuliah yang belum ada dosen tetap. Hal itulah yang menjadi faktor penyebab pembelajaran mahasiswa angkatan 2018 dilaksanakan di kampus Limau Manis.

Lebih lanjut, Yaherwandi mengungkapkan bahwa pihaknya terpaksa harus mengambil dan memobilisasi beberapa dosen dari kampus Limau Manis dan pihak kampus 3 Unand juga masih menunggu Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak Unand dengan Pemda Dharmasraya agar adanya bantuan untuk kampus 3 ini.

BACA JUGA:  Fateta Siap Terima Maba Teknologi Industri Pertanian 2019

“PKS ini sudah ada konsepnya dan sudah dibahas oleh kedua belah pihak, tetapi waktu pertemuan kedua belah pihak masih belum ada,” ungkap Yaherwandi.

Senada dengan itu, Yaherwandi berharap agar PKS Unand dan Pemda Dharmasraya segera diputuskan, agar sarana dan fasilitas di kampus 3 segera teratasi dan proses pembelajaran segera dikembalikan ke kampus 3.

Anita, mahasiswa Agroekoteknologi 2018 kampus 3 Dharmasraya, mengungkapkan sewaktu pendaftaran pihak Unand menyampaikan bahwa mahasiswa baru kampus 3 kuliah sementara di kampus Limau Manis.

“Jika masih bisa difasilitasi di kampus 3, lebih baik kami (maba kampus 3 – red) dipindahkan ke Dharmasraya, karena senior-senior pun juga sudah ada disana, tapi fasilitas disana harusnya dilengkapi lagi,” ungkap Anita.

Reporter : Fildzatil Arifa

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here