Mahasiswa KKN Unand Kelurahan Pisang melakukan pengecekan kesehatan gratis kepada masyarakat, Sabtu (21/8/2021). (Genta Andalas/Natasya Salsabilla Festy)

Padang, gentaandalas.com- Sebagai upaya memerangi pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Unand Kelurahan Pisang, Kota Padang melakukan cek kesehatan gratis kepada warga RT 01 RW 02 Kelurahan Pisang. Ketua KKN Kelurahan Pisang, Hafizh Dzaki Muzhaffar mengatakan banyaknya angka kematian karena Covid-19 menjadi landasan kegiatan ini dilakukan. Kegiatan yang bekerjasama dengan Puskesmas Pauh Padang ini bertujuan agar warga setempat mengetahui gejala penyakit yang dimiliki.

“Di masa pandemi orang rentan terhadap masalah kesehatan, maka kami berinisiatif untuk mengadakan cek kesehatan gratis,” kata Hafizh saat diwawancarai Genta Andalas, Sabtu (21/8/2021).

Berlangsung dalam satu hari, kegiatan ini memiliki alur berupa pendaftaran, cek tinggi dan berat badan, saturasi oksigen, tekanan darah, glukosa, asam urat, serta pengukuran lingkar perut dan lingkar dada. Tes kesehatan gratis difokuskan pada warga usia dewasa hingga lansia, dengan target seratus warga. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan Indeks Masa Tubuh (IMT) pada anak-anak untuk mengenali gejala gizi kronis dan stunting.

“Lansia atau orang dewasa berumur lebih dari 40 tahun rentan terhadap penyakit. Apalagi saat pandemi, mereka bisa saja terpapar dari orang yang datang ke rumah walaupun tidak ke mana-mana,” jelas Hafizh.

Selain cek kesehatan, Tim KKN Kelurahan Pisang juga melakukan sosialisasi mengenai Covid-19, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta ajakan untuk melakukan vaksinasi. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan berupa cek suhu tubuh, cuci tangan, hand sanitizer, hingga pemberian masker. Hafizh memaparkan kegiatan tersebut berjalan lancar walaupun jumlah partisipan masih tergolong rendah.

Ketua RT 01 RW 02 Kelurahan Pisang, Ahmad Nur mengatakan bahwa kegiatan ini diterima baik oleh masyarakat. Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga sekitar.

“Pelayanannya bagus, teratur, dan sesuai protokol kesehatan. Warga sudah diimbau dan diajak, mudah-mudahan warga tertarik untuk mengecek dan menjaga kesehatan,” kata Ahmad.

Ahmad berharap agar kegiatan ini dapat menambah kesadaran warga sekitar untuk menjaga kesehatan. Ia berharap mahasiswa mampu meyakinkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi di tengah kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Reporter : Natasya Salsabilla Festy dan Rizki Wahyudi
Editor : Linda Susanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here