Beranda Berita

Latih Kepemimpinan dan Manajemen Maba, FT Unand Adakan LKMM TD

Acara LKMM TD Fakultas Teknik, Unand, di Audiotorium Unand, Sabtu (13/10/2018).

gentaandalas.com- Karakter baru aktivis mahasiswa yaitu bermoral, aktivis pergerakan, mahasiswa berprestasi, dan cinta almamater, karena mahasiswa merupakan suara rakyat. Hal itu disampaikan oleh Nanda Fazli, selaku ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Unand 2014, saat memberikan materi mengenai negara mahasiswa pada acara Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar Fakultas Teknik (LKMM TD FT) di Auditorium Unand, Sabtu (13/10/2018).

Pada kesempatan yang sama, Rendi Afrinaldi, wakil presiden mahasiswa BEM KM Unand 2017 menyampaikan materi mengenai kepemimpinan. Menurutnya, seorang pemimpin itu mampu mempengaruhi orang lain dan dapat membawa suatu perubahan bagi masyarakat dan negaranya. “Seorang pemimpin selalu mencontohkan hal-hal yang baik, dan menjadi penggerak bukan memerintah yang di bawahnya,” ujarnya.

Sementara itu, Wisnel dosen dari jurusan Teknik Industri Unand, menyinggung mengenai Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) di Indonesia. Kata Wisnel, KKN adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan sehingga dapat membahayakan kehidupan bangsa, penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi, namun sekarang korupsi tidak dilakukan sendiri lagi tapi secara berjamaah.

Lanjutnya, korupsi yang dilakukan secara mandiri dinamakan dengan oknum namun yang dilakukan secara berjamaah dinamakan sistemik. Korupsi sudah dilakukan di semua lembaga baik eksekutif, legislatif dan yudikatif. Korupsi penyebab kehancuran bangsa. Kita perlu kepemimpinan yang bersih, aman, serta komitmen memberantas korupsi, karena korupsi lebih berbahaya dari terorisme,” kata Wisnel.

Fariz Tri Julian Kurnia  mengatakan LKMM TD FT Unand ini diselenggarakan khusus bagi mahasiswa baru FT dengan tujuan dapat menambah ilmu mereka dalam kepemimpinan.

Lukman Nulhakim, jurusan Teknik Sipil mengatakan, acara ini dapat melatih kepemimpinan sehingga dapat melatih bagaimana cara memimpin diri sendiri dan orang lain.

Alia Sausa Nabila, jurusan Teknik Lingkungan mengatakan bahwa, LKMM TD ini dapat melatih berbicara di depan umum dan membangun jiwa kepemimpinan.

Reporter: Yosi Saputri dan Alfin Zernindo Prima

Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here